TNI AL dukung pemerintah tentang capaian kekebalan kelompok

TNI AL dukung pemerintah tentang capaian kekebalan kelompok

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah (kedua kanan) memimpin apel gabungan tenaga kesehatan TNI AL di Mako Koarmada I, Jakarta, Selasa (19/10/2021) sebelum menjalankan serbuan vaksinasi COVID-19 serentak di wilayah aglomerasi yakni Bogor dan Tangerang. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, melepas 220 tenaga kesehatan gabungan Satuan Tugas Serbuan Vaksinasi Maritim COVID-19 ke Bogor dan Tangerang, sebagai kontribusi nyata mereka untuk mencapai kekebalan kelompok oleh pemerintah.

“Pemerintah bersama seluruh elemen bangsa dan masyarakat Indonesia terus berupaya menekan penyebaran COVID-19. Sudah menjadi tugas kita, TNI AL, untuk selalu mendukung program pemerintah dalam percepatan dan peningkatan program vaksinasi COVID-19 guna mempercepat pencapaian kekebalan kelompok,” katanya dalam sambutan yang dibacakan Panglima Komando Armada I TNI AL, Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, di Markas Komando Komando Armada I TNI AL, di Jakarta, Selasa.

Sampai saat ini, kata Margono, vaksinasi merupakan cara terbaik untuk membangkitkan kekebalan tubuh manusia dari virus Korona sekaligus cara paling efektif memutus rantai penularan COVID-19.

Ratusan personel gabungan satuan tugas itu berasal dari berbagai satuan dan satuan kerja yang ada di lingkungan Komando Armada I TNI AL, di antaranya dari Pangkalan Utama TNI AL III/Jakarta dan Pasukan Marinir I di Jakarta.

Baca juga: Pemerintah susun strategi cegah lonjakan kasus saat libur akhir tahun
Baca juga: Indonesia kembali sambut dukungan vaksin COVID-19 dari Jepang

Selain personel dan alat kesehatan serta obat-obatan dan logistik, berbagai kendaraan pendukung juga diberangkatkan, di antaranya ambulans-ambulans, dan mobil uji usap COVID-19 agar pengujian dan penelusuran bisa lebih cepat.

Margono berpesan agar mereka selalu melibatkan segenap unsur kewilayahan TNI dan polisi, tokoh agama dan tokoh masyarakat, dan mengedepankan protokol kesehatan.

“Kegiatan ini juga menjadi bentuk nyata kesiapan kekuatan TNI AL yang siap dioperasionalisasikan. Saya berharap Vaksinasi Maritim COVID-19 ini dapat memberi dampak positif bagi kesehatan rakyat Indonesia. Kita semua harus dan pasti bisa mengatasi segala tantangan dan persoalan yang dihadapi ini secara bersama,” kata dia.

Selesai membacakan amanat tertulis itu, Abdullah menginspeksi pasukan yang hadir pada apel gabungan itu dan memastikan kesiapan mereka dalam bertugas.

Baca juga: Presiden Jokowi ajak dubes tinjau vaksinasi "door to door" di Kaltara
Baca juga: Vaksinasi di Kepulauan Seribu Utara capai 95,83 persen
Baca juga: Pakar: Endemi disokong komponen vaksinasi dan prokes

Pewarta : Ade P Marboen
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021