SEA Games Hanoi siap digelar Mei 2022

SEA Games Hanoi siap digelar Mei 2022

Ketua Komite Olimpiade Filipina Bambol Tolentino (kanan) menyerahkan bendera SEA Games kepada seorang pejabat Vietnam saat penutupan SEA Games di stadion atletik Clark, Utara Manila 11 Desember 2019. (ANTARA/AFP/TED ALJIBE)

Jakarta (ANTARA) - SEA Games Hanoi dipastikan akan digelar pada Mei 2022 setelah pandemi COVID-19 membuat multievent dua tahunan tersebut harus diundur dari jadwal awal, yakni November 2021.

Pada Juli lalu, South East Asia Games Federation (SEAGF) sepakat menunda SEA Games yang sedianya berlangsung pada November 2021 hingga tahun depan.

Pembatalan tersebut diambil karena masih tingginya kasus COVID-19 di Vietnam dan mayoritas negara di Asia Tenggara pada saat itu.

Baca juga: Menpora pastikan Indonesia ikut SEA Games Vietnam tahun depan

Namun Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa SEA Games telah diputuskan akan tetap digelar tahun depan berdasarkan hasil rapat SEAGF virtual yang dipimpin oleh COO SEAGF Dato Seri Chaiyapak Siriwat pada Senin (18/10).

“Setelah menunggu beberapa bulan, tuan rumah menyatakan siap menyelenggarakan SEA Games ke-31 di Hanoi, tahun depan. Untuk SEA Games ke-32 di Kamboja pada 2023 sampai saat ini masih on schedule,” kata dalam rilis pers, Selasa.

Dengan kepastian penyelenggaraan SEA Games ini berarti akan ada empat multievent yang diikuti Indonesia pada 2022, yaitu SEA Games (Mei), Islamic Solidarity Games (9-18 Agustus), Asian Games (10-25 September), dan Asian Youth Games (20-28 Desember).

Baca juga: SEA Games belum jelas, Indonesia fokus ke Asian Games 2022

Sementara Asian Indoor and Martial Art Games (AIMAG) di Thailand yang seharusnya digelar 10-20 Maret masih menunggu konfirmasi lanjutan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA).

“Tinggal menunggu kepastian AIMAG saja karena memang agenda 2022 cukup padat. Tapi, adanya kepastian SEA Games membuat kami bisa lebih fokus untuk perencanaan 2022, pendanaan, dan lain-lain,” kata Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J Kono.

Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021