Jakarta (ANTARA) - Serial hit "Squid Game" telah disaksikan oleh 142 juta penonton, hal ini diungkap oleh Netflix saat merilis laporan keuangan untuk kuartal ketiganya.

"Sebanyak 142 juta pelanggan secara global telah memilih untuk menonton judul tersebut dalam empat minggu pertama. Luasnya popularitas 'Squid Game' benar-benar luar biasa," ujar surat pernyataan Netflix kepada para investor dilansir Deadline pada Rabu.

Serial yang dirilis pada 17 September itu, berkisah tentang 456 peserta yang putus asa dan saling bersaing satu sama lain untuk dapat bertahan hidup dari permainam misterius dan mematikan demi memenangkan 45,6 miliar won.

Baca juga: "Squid Game" bikin minat belajar bahasa Korea meningkat

Setiap babak merupakan permainan tradisional anak-anak Korea seperti "Lampu Merah, Lampu Hijau", tetapi konsekuensi dari kekalahannya adalah kematian.

Netflix mencatat bahwa serial tersebut menduduki peringkat pertama di 94 negara termasuk Amerika Serikat dan mengatakan bahwa "Squid Game" telah menembus budaya karena ditampilkan dalam sandiwara di acara Saturday Night Live dan meme TikTok yang mengumpulkan lebih dari 42 miliar tampilan.

Surat pernyataan Netflix juga menyebutkan bahwa permintaan konsumen akan merchandise "Squid Game" sangat tinggi termasuk untuk kostum Halloween dan produk dari serial tersebut kini sedang dalam
perjalanan ke ritel sekarang.

Ditulis dan disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk, "Squid Game" dibintangi oleh Lee Jung-jae, Park Hae-soo, Wi Ha-joon, Jung Ho-yeon, O Yeong-su, Heo Sung-tae, Anupam Tripathi dan Kim Joo-ryoung.

Pada 12 Oktober, Netflix mencatat bahwa 111 juta penonton telah menonton setidaknya dua menit dari serial tersebut, mengalahkan rekor sebelumnya yang didapat oleh "Bridgerton".

"Bridgerton" disaksikan oleh 82 juta pelanggan dalam 28 hari pertama sejak ditayangkan.

Pekan lalu, muncul melalui laporan Bloomberg bahwa 132 juta orang telah menonton "Squid Game" dalam 23 hari pertama perilisannya, dengan sekitar 117 juta menonton setidaknya 75 menit dan 66 persen (87 juta) menyelesaikan pertunjukan.

 Baca juga: "Squid Game" diperkirakan bernilai hampir 900 juta dolar AS

Baca juga: Krisis keuangan dan Donald Trump jadi inspirasi pembuatan "Squid Game"

Baca juga: Netflix nyatakan "Squid Game" sebagai serial paling populer

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021