Ini ambulans dari warga, untuk warga
Jakarta (ANTARA) - Wakil Wali Kota Jakarta Timur Hendra Hidayat mengapresiasi warga Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, karena telah berswadaya dalam pengadaan satu unit mobil ambulans.

Hendra mengatakan ambulans tersebut didapat dari hasil swadaya warga Kelurahan Kampung Melayu, dari setiap RW yang ada di Kelurahan Kampung Melayu, dengan masing-masing warga menyumbangkan Rp10.000.

"Ini ambulans dari warga, untuk warga," kata Hendra di Jakarta, Rabu.

Hendra menambahkan apa yang dilakukan oleh warga Kelurahan Kampung Melayu dapat dijadikan contoh oleh kelurahan lainnya di Jakarta Timur dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

Baca juga: Warga Kramat Jati galang dana Rp20 juta untuk perbaiki tanggul jebol

Menurut dia, keberadaan ambulans ini sangat membantu warga setempat serta pemerintah dalam penanganan COVID-19.

Untuk itu, Hendra berharap wilayah lainnya dapat mencontoh kepedulian warga tersebut. 

"Nanti saya sampaikan ke seluruh lurah yang ada di wilayah Jakarta Timur khususnya, supaya bisa mencontoh warga Kelurahan Kampung Melayu," ujar Hendra Hidayat.

Ketua Badan Pengelola Ambulans Kelurahan Kampung Melayu, Syamsudin, menjelaskan hasil swadaya yang terkumpul sebanyak Rp170 juta. Untuk perawatan ambulans nantinya kembali dari hasil swadaya warga. 

Baca juga: Warga Sunter Muara sediakan tempat cuci tangan swadaya

Syamsudin mengatakan ambulans ini juga merupakan hasil kolaborasi dengan Yayasan Bangun Anak Jakarta. 

"Ini hasil kolaborasi bersama 'stakeholder'. Kita konsepkan bagaimana kita bisa menjadikan satu ambulans dan kita konsultasikan kepada warga dan ternyata warga sangat merespon," ujar Syamsudin.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021