Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Universitas Andalas Asrinaldi mengatakan gerak kinerja Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin ke depan tampak akan mengarah secara positif.

Pendapat itu tidak terlepas dari pengamatannya bertepatan 2 Tahun Masa Pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin dengan melihat adanya upaya perbaikan dari pemerintah di bidang perekonomian Indonesia yang sempat menurun akibat pandemi COVID-19 dan hasilnya pun terbukti membaik.

“Kalau ini bisa dipertahankan oleh Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf Amin, terutama dalam pengendalian COVID-19 sebagai kuncinya, kinerja di sektor pemulihan perekonomian akan meningkat dan secara keseluruhan sektor lain ikut membaik,” kata Asrinaldi saat dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Menurutnya, ketika sektor perekonomian Indonesia semakin meningkat, hal itu akan berdampak besar bagi kesejahteraan masyarakat, seperti penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran. Semua dampak baik itu akan berimplikasi pula pada keamanan dan persatuan Indonesia.

Baca juga: Pengamat apresiasi kinerja Jokowi-Ma'ruf Amin di atas rata-rata

Meskipun begitu, ia menilai akan ada sejumlah tantangan bagi Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Tantangan-tantangan ke depannya itu barangkali akan muncul friksi (pergeseran yang menimbulkan perbedaan pendapat atau perpecahan) atau kontestasi di kabinet,” ucap Asrinaldi.

Menurutnya, kemungkinan munculnya tantangan secara internal seperti itu disebabkan Pemilu 2024 yang semakin dekat. Dia mengamati fokus partai politik dan koalisi partai di pemerintahan terhadap capaian kerja dimungkinkan berkurang.

Baca juga: Komitmen Jokowi bangun Papua tersaji dalam Capaian Kinerja 2021

Sementara secara eksternal, Asrinaldi memperkirakan tantangan bagi pemerintah ada pada jalinan kerja sama dengan negara-negara di dunia.

“Kita tahu di Asia Tenggara, ada krisis di Laut China Selatan, Myanmar, dan perang dagang di Eropa, ini juga bagian dari tantangan,” jelas Asrinaldi.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, menurut pengamat politik yang juga dosen Program Studi Ilmu Politik Universitas Andalas ini diperlukan diplomasi yang baik dari Pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Baca juga: Mencermati langkah Jokowi bawa bangsa pulih dari pandemi

Asrinaldi berharap ke depannya pemerintah dapat menjadikan peningkatan perekonomian dan perbaikan profesionalisme birokrasi di Indonesia sebagai prioritas utama.

Ia berharap Jokowi dan Ma’ruf Amin menjadikan ekonomi sebagai dasar utama yang harus diperhatikan dan terus diperbaiki. Hal itu dapat dicapai apabila pemerintah terus mempertahankan pengendalian pandemi COVID-19 secara baik demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021