PDIP sebut program pembangunan harus menitikberatkan pemberdayaan desa

PDIP sebut program pembangunan harus menitikberatkan pemberdayaan desa

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani dalam Webinar Penganggaran Desa Wisata Perancangan Kebijakan Penganggaran Desa Wisata, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (21/10/2021). ANTARA/HO-PDIP.

Jakarta (ANTARA) -
DPP PDI Perjuangan (PDIP) berpandangan kebijakan dan program pembangunan haruslah menitikberatkan pada pemberdayaan desa, dan pembangunan Indonesia haruslah dimulai dari desa.
 
"Oleh karena itu, DPP PDIP mengharapkan agar para kepala daerah pada masa jabatan yang diembannya harus mampu menciptakan minimal satu desa wisata untuk mandiri di wilayahnya," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani dalam Webinar Penganggaran Desa Wisata Perancangan Kebijakan Penganggaran Desa Wisata, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis.
 
Menurut dia, Indonesia memiliki banyak desa wisata yang punya potensi luar biasa, yang perlu mendapatkan sedikit sentuhan untuk meningkatkan kualitasnya sebagai desa wisata.
 
"Saya mempercayai selain mengasah potensi yang dimiliki sebuah desa wisata, pembangunan, dan pengembangan menuju desa wisata yang maju dan mandiri membutuhkan anggaran," kata Wiryanti dalam siaran persnya.
 
Meski saat ini Pemerintah sudah memberikan sejumlah anggaran dana desa, namun dana tersebut tak serta-merta digunakan hanya untuk pembangunan dan pengembangan desa wisata.
 
Wiryanti menambahkan webinar ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi kepala daerah. Ada lebih dari 74 ribu desa di Indonesia, dan sekitar 7.400 di antaranya adalah desa wisata.
 
"Tak ada desa yang identik. Setiap desa memiliki potensi yang menjadi daya tariknya masing-masing. Maka pengetahuan tentang pengelolaan anggaran pengembangannya menjadi kunci penting untuk pengembangan desa wisata yang mandiri, tangguh dan berdaya saing," kata Wiryanti.
 
Dia menambahkan, Bung Karno pernah mengingatkan bahwa desa merupakan salah satu benteng pertahanan negara.
 
"Oleh karena itu memanfaatkan dan mengembangkan potensi desa wisata adalah juga salah satu kunci penting untuk membangun fondasi kekuatan negara dari desa," ujarnya lagi.
 
Hadir sejumlah narasumber secara offline dan daring dalam webinar tersebut, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi keynote speaker, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, dan Ketua DPRD Jawa Timur Kusnadi.
 
Ketua Umum PDIP Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri memantau pelaksanaan webinar dari kediamannya.
 
Secara virtual, para kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung PDIP termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati ikut menjadi peserta dan menyampaikan best practises di wilayahnya, beserta Wasekjen PDIP Sadarestuwati, anggota DPR RI Komisi V dan X DPR RI, anggota DPRD, dan pengurus partai ini dari seluruh Indonesia.
Baca juga: Menparekraf ingin desa wisata tumbuh lebih banyak di Aceh
Baca juga: Mendes PDTT jadikan Setigi Gresik percontohan desa wisata
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021