ACT penuhi kebutuhan beras gratis untuk masyarakat di Payakumbuh

ACT penuhi kebutuhan beras gratis untuk masyarakat di Payakumbuh

Tim ACT cabang Payakumbuh saat mengerahkan bantuan beras gratis untuk masyarakat di Payakumbuh (ANTARA/HO-Tim ACT)

Padang (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Payakumbuh, Sumatera Barat  memenuhi kebutuhan beras gratis untuk masyarakat di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota dengan menggunakan armada berteknologi canggih.

Branch Manajer ACT Payakumbuh, Dana Kurnia di Payakumbuh, Kamis mengatakan setelah melakukan perjalanan di beberapa tempat di Provinsi Sumbar, program layanan beras gratis 'Humanity Rice Truck 2.0' sukses mendarat di Kota Payakumbuh.

Program ini merupakan layanan beras gratis dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggunakan truk yang disalurkan kepada warga pra sejahtera.

Teknologi yang terpasang pada armada ini merupakan inovasi terbaru yakni sistem pengambilan menggunakan Punch Card yang memungkinkan armada mengeluarkan beras sesuai takaran yang diinginkan hanya menggunakan kartu yang ditempel ke bagian badan truk.

Branch Manajer ACT Payakumbuh, Dana Kurnia mengatakan, ketersediaan beras bagi sebuah keluarga di Sumatera Barat merupakan hal penting yang turut menjadi perhatian ACT.

"Kita berharap kehadiran armada ini menjadi solusi konkrit dan memberi kemudahan dalam pendistribusian bantuan beras gratis," ujar dia.

Dengan memenuhi kebutuhan beras dalam dapur masing-masing keluarga pra-sejahtera, diharapkan beban mereka dapat berkurang.

Proses distribusi juga berkolaborasi dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lima Puluh Kota yang langsung membersamai armada di lapangan sekaligus memperkenalkan teknologi armada Humanity Rice Truck 2.0.

Tim Program ACT Payakumbuh Almuhsini menjelaskan layanan beras gratis dihadirkan sebuah armada atau bus berukuran besar, berkapasitas 15 ton beras, dilengkapi dengan adanya delapan dispenser beras sebagai penampungnya.

Menurutnya, melalui Global Wakaf ACT, kita bisa mengajak dermawan baik di dalam nagari maupun segenap keluarga Minang perantauan untuk menyalurkan wakaf tunai yang akan dikelola untuk pengadaan dan operasionalisasi Humanity Rice Truck

Kontribusinya pun bisa melalui payakumbuh.indonesiadermawan.id/LayananBerasgratis atau bantuan berupa beras juga bisa langsung diantarkan ke kantor ACT Payakumbuh melalui careline di 0811 6610 212.
Baca juga: ACT Sumbar kirimkan 10 ton pangan dan logistik ke Mentawai
Baca juga: ACT Solok gulirkan gerakan sedekah pangan Ramadhan 1442 Hijriah
Baca juga: ACT luncurkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan di Sumbar
Pewarta : Laila Syafarud
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021