adi kami betul-betul bisa mengefisienkan biaya atau ongkos pengiriman yang selama ini mahal,
Jakarta (ANTARA) - Fasilitas layanan Fulfillment Center yang dihadirkan Smesco Indonesia mampu mengefisienkan biaya atau ongkos kirim (ongkir) yang selama ini mahal bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Jadi kami betul-betul bisa mengefisienkan biaya atau ongkos pengiriman yang selama ini mahal," ujar Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia, Wientor Rah Mada dalam acara daring Antara Ngobrol Bareng Smesco dan YukBisnis di Jakarta, Kamis.

Menurut Wientor, Indonesia sangat luas dan infrastruktur digitalnya sudah sangat bagus. Ketika cakupan infrastruktur sudah hampir di seluruh Indonesia, berarti idealnya pembelian barang bisa sampai ke pelosok di Indonesia, dari pelosok ke pelosok. Namun yang menjadi masalah adalah ternyata tidak bisa berjalan seperti ini karena ongkos kirim yang terlalu mahal.

"Kondisi ini tentunya memberatkan para pelaku UMKM yang ingin go nasional apabila mereka ingin tetap berada di daerahnya," katanya.

Baca juga: Teten Masduki: Smesco siapkan hub ekspor UMKM Indonesia timur di Bali

Maka dari itu Smesco Indonesia bersinergi dengan YukBisnis dan perusahaan ekspedisi membangun sebuah Fulfillment Center di Lt 11 Gedung SMESCO yang berlokasi JL Gatot Subroto, Jakarta.

"Prinsip pergudangan dan logistik itu simpel di mana kalau biaya logistiknya ingin murah maka gudangnya harus dekat dengan market. Jadi harus ada pola yang berubah, maka dari itu kita membuat Fulfillment Center packing warehousing di mana barang dikirimkan ke Smesco dalam kondisi apa adanya, kemudian nanti kalau ada penjualan kita packing, kasih alamat pengiriman hingga resi semua dikirimkan dari Smesco," ujar Wientor.

Dia menjelaskan bahwa barang dikirimkan dari Gedung Smesco Gatot Subroto Jakarta kepada customer, sementara pelaku UMKM yang menjual barangnya tetap berada di daerah asalnya.

Dengan demikian bisa terbayang bahwa ongkir yang awalnya begitu mahal, bisa menjadi murah berkat kehadiran Smesco Fulfillment Center.

"Yang menjadi tantangan saat ini adalah memang kami baru mencakup ongkir flat dari SMESCO ke seluruh area di Pulau Jawa. Jadi kalau teman-teman UMKM dari luar Pulau Jawa yang selama ini marketnya 60 persen berada di Jawa kemudian mengalami kesulitan melakukan pengiriman barang ke Jawa karena ongkir yang mahal maka untuk teman-teman UMKM yang berada di Sumatera, Jawa, dan Madura first mile-nya atau barangnya bisa dijemput secara gratis," ujar Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia.

Sebagai contoh, barang dari pelaku UMKM di Lampung dijemput secara gratis oleh perusahaan ekspedisi, kemudian dimasukkan ke gudang di Smesco Fulfillment Center Jakarta.

Baca juga: Ketua MPR minta Kadin membantu pemerintah kembangkan UMKM

Para pelaku UMKM itu tetap berjualan di Lampung dan kalau terjadi transaksi penjualan maka barangnya bisa dikirimkan dari Smesco Fulfillment Center Jakarta dengan ongkir yang flat.

Smesco Fulfillment Center berlokasi di lantai 11 Gedung SME Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Smesco Fulfillment Center merupakan wujud nyata Smesco dalam pengembangan UKM di Indonesia, dengan kolaborasi bersama JNE dan Guyub (Gudang YukBisnis).

Smesco sendiri merupakan brand dari Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM RI. LLP-KUKM didirikan pada Maret 2007. Tujuan pendirian LLP-KUKM adalah memberikan layanan promosi dan pemasaran UKM Indonesia

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021