Jangan membangun atau mempersempit kali
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengimbau warga setempat untuk tidak mendirikan bangunan di dekat kali untuk mengantisipasi potensi banjir saat musim hujan.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, Mustajab saat dihubungi di Jakarta, Jumat mengatakan, pihaknya masih menemukan bangunan jembatan penghubung dan fasilitas lainnya yang dibuat warga sekitar kali.

"Jangan membangun atau mempersempit kali. Kemarin kita lihat ada yang membuat kandang ayam. Kali Grogol terutama banyak sekali kita temukan bangunan yang mempersempit ruang di sana,” kata Mustajab.

Mustajab mengatakan saat ini pihaknya masih fokus pada pengerukan saluran air dan gerebek lumpur di sejumlah kali guna menambah daya tampung air saat musim hujan.

Ia menegaskan, pengerukan hal tersebut akan sia-sia bila masyarakat masih menggunakan kawasan bantaran kali sebagai lokasi pembangunan.

Baca juga: Wali Kota Jaktim ajak warga buat sumur resapan di rumah

“Percuma kita keruk, tapi masyarakat kita masih mempersempit kali dengan melakukan pembangunan di sekitarnya. Ini terjadi hampir di semua kali, seperti Kali Grogol, Krukut dan Mampang. Karena itu kita minta minta kepedulian masyarakat untuk benar-benar tertib,” katanya.

Karena itu, personel SDA di lapangan pun terus menggencarkan sosialisasi antisipasi genangan terutama untuk tidak mendirikan bangunan di sekitar bantaran kali atau saluran air.

Di sisi lain, Mustajab menuturkan untuk menghadapi musim hujan yang berpotensi terjadinya banjir, petugas SDA telah disiagakan di setiap pintu air untuk melancarkan air apabila terjadi curah hujan tinggi.

“Sebenarnya kuncinya hanya dukungan dari masyarakat. Kalau masyarakat tidak membantu pengerukan, kita mohon warga mengetahui ini untuk tidak menggunakan lahan kali,” katanya.

Baca juga: Anggota DPRD DKI: Gunakan teknologi untuk mengatasi banjir di Jakarta

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021