Negeri ini membutuhkan anak-anak bangsa yang memiliki jiwa, raga, semangat fī sabīlillāh dan ruh seorang santri dalam perang badar melawan korupsi.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan sosok santri diperlukan dalam perang melawan korupsi.

"Saya tekankan negeri ini membutuhkan anak-anak bangsa yang memiliki jiwa, raga, semangat fī sabīlillāh dan ruh seorang santri dalam perang badar melawan korupsi dan perilaku koruptif di negeri ini," kata Firli melalui keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat, dalam peringatan Hari Santri Nasional 2021.

Hari Santri Nasional yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015, kata dia, adalah bentuk penghargaan tak terhingga, penghormatan, dan pengakuan segenap bangsa dan negara atas peran serta aktif luar biasa para santri seluruh Indonesia.

Ia berharap sosok sederhana, santun, berintegritas, menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan, moral, etika, dan kejujuran yang kental pada diri seorang santri ada dalam setiap elemen dan eksponen bangsa ini.

"Guna menghadapi melewati sekaligus menyelesaikan ragam persoalan besar bangsa, salah satunya korupsi dan perilaku koruptif yang telah berurat akar di NKRI," ujar Firli.

Firli mengatakan bahwa perilaku koruptif yang telah lama menjajah negeri ini bukan hanya akan merugikan perekonomian atau keuangan negara semata, melainkan dampak destruktif kejahatan kemanusiaan ini dapat merusak setiap sendi tatanan kehidupan bangsa dan negara.

"Islam dan semua agama serta aliran kepercayaan apa pun di republik ini tentunya tidak membenarkan korupsi, apalagi mengajarkan perilaku koruptif kepada umatnya. Yang pasti, kejahatan kemanusiaan ini tidak hanya harus dihindari, tetapi wajib diperangi," katanya.

Lebih lanjut, kata dia, santri dapat dijadikan role model atau teladan nyata yang baik bagi kita semua, khususnya generasi penerus masa depan bangsa dalam menjaga, mengawal, dan menentukan arah langkah serta tujuan negara.

Menurut dia, hal itu diperlukan dalam rangka wujudkan kesejahteraan, kemakmuran, dan keadilan dalam kehidupan berbangsa serta bernegara yang cerdas bagi segenap bangsa, rakyat, dan di seluruh tumpah darah Indonesia dari Sabang sampai Merauke mulai Miangas hingga Pulau Rote.

"Selamat memperingati dan merayakan Hari Santri Nasional 2021 dengan semangat antikorupsi, semoga ruh, semangat perjuangan para ulama dan santri pendahulu kita untuk merebut kemerdekaan pada masa lalu senantiasa tumbuh dan berkembang dalam setiap jiwa, raga, hati, dan pikiran segenap rakyat Indonesia," kata Firli.

Baca juga: Ma'ruf Amin minta santri kembangkan program dukungan dari pemerintah

Baca juga: Garda Pemuda NasDem bersama Santri berkomitmen kawal Pancasila

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021