Ini tak hanya menumbuhkan perekonomian rakyat untuk bangkit di tengah pandemi, tapi juga menaikkan volume transaksi
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan peran UMKM sangat penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia.

"Ekonomi Indonesia digerakkan sebagian besar oleh ekonomi informal. Oleh sebab itu, peran UMKM menjadi sangat penting," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta, Minggu.

Menteri BUMN menambahkan bahwa dirinya bisa berkunjung langsung ke sentra industri Kampung Kain Tenun Tuan Kentang di Jakabaring, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Di sana Erick melihat langsung efisiensi digitalisasi business process yang dilakukan BRI.

Menurut Erick, keberadaan BUMN yang dekat dengan rakyat, seperti BRI membantu banyak UMKM dalam kredit mikro dan mengefisienkan proses.

"Ini tak hanya menumbuhkan perekonomian rakyat untuk bangkit di tengah pandemi, tapi juga menaikkan volume transaksi. Saya menitipkan kepada seluruh personel BUMN Himbara, sambut dan bantu UMKM seperti pahlawan, karena UMKM memang pahlawan perekonomian bangsa," kata Erick.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi langkah Bank BRI mendampingi UMKM menjalani transformasi digital, dengan cara jemput bola.

Transformasi digital pada industri keuangan yang diadaptasi BUMN harus juga menjangkau ekonomi rakyat yang digerakkan oleh sektor UMKM.

Dengan literasi intensif untuk mengenalkan transformasi dan produk-produk transaksi digital, maka UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional akan lebih berdaya melalui efisiensi proses bisnis dan value baru dari bisnis yang dikembangkan.

Baca juga: Tingkatkan UMKM, Erick Thohir dorong pelatihan digital di Rumah BUMN
Baca juga: Sarinah dukung UMKM, Erick mau jadi momen bangkitnya merek lokal
Baca juga: Kementerian BUMN dorong UMKM di Lampung naik kelas lewat PaDi

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021