Jakarta (ANTARA) - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono mengimbau seluruh Purnapaskibraka sebagai Duta Pancasila memiliki sikap toleransi dan selalu ingin berkolaborasi dalam menjaga persatuan Indonesia.

"Kami berharap teman-teman sebagai Duta Pancasila memiliki sikap yang sesuai nilai-nilai toleransi dan mau berkolaborasi sehingga persatuan itu memancar dalam pikiran dan tindakan teman-teman," kata Hariyono saat menjadi pemateri sekaligus menutup kegiatan "Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Purnapaskibraka sebelum Tahun 2021" secara daring dari Jakarta, Senin.

Sejak awal, lanjut Hariyono, tujuan Pancasila dipilih sebagai sebuah dasar negara adalah untuk mempersatukan keberagaman di Indonesia. Selanjutnya, bersama pengamalan Pancasila, elemen-elemen bangsa Indonesia, baik yang berbeda agama, suku, budaya, maupun bahasa, bisa saling bekerja sama dan memotivasi untuk mempertahankan persatuan hingga saat ini ataupun di masa depan nantinya.

Berdasarkan sejarah itu, nilai toleransi menjadi penting untuk selalu diamalkan oleh para Purnapaskibraka. Sikap saling berkolaborasi pun dibutuhkan dalam menjaga persatuan Indonesia dari segala bentuk ancaman, seperti intoleran, radikalisme, hingga terorisme.

Menurut dia para Purnapaskibraka dari tahun 1945 hingga 2020 yang mengikuti pembinaan untuk menjadi Duta Pancasila itu juga mengemban nilai-nilai luhur dasar negara. Nilai tersebut dapat diwujudkan dengan senantiasa berperilaku dan memiliki cara berpikir yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Kepala BPIP: Purnapaskibraka duta untuk arus utamakan Pancasila

Baca juga: BPIP optimalkan pembinaan Ideologi Pancasila lewat medsos


Hal tersebut juga tidak kalah penting untuk dilakukan oleh para generasi penerus bangsa Indonesia secara umum.

Pengamalan terhadap nilai Pancasila dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya, meningkatkan toleransi beragama, saling menyayangi dan menghormati dalam kehidupan bermasyarakat, menggunakan produk dalam negeri, mengutamakan musyawarah saat mengambil keputusan, dan menjunjung nilai keadilan terhadap sesama manusia di kehidupan sehari-hari.

"Teman-teman sebagai Duta Pancasila diharapkan bisa menjadi teladan dalam mengamalkan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucap Hariyono.

Menurut dia para Purnapaskibraka yang ditetapkan sebagai Duta Pancasila merupakan orang-orang pilihan untuk mengemban perwujudan nilai luhur dasar negara itu. Pengembanan tugas mulia tersebut bukanlah beban, melainkan tantangan dan bentuk motivasi untuk berkontribusi langsung menghargai kebinekaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepada para Purnapaskibraka, khususnya yang merupakan generasi muda, Hariyono berharap, mereka dapat menjaga Pancasila agar tetap menjadi ideologi di masa depan. Pancasila di masa depan pun diharapkan dapat selalu memberikan kontribusi yang positif bagi kehidupan peradaban dunia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021