Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menyesalkan terjadinya dua insiden kecelakaan transportasi publik, yakni Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodetabek dan Bus Transjakarta yang terjadi di Jakarta pada Senin (25/10).

Dia meminta adanya investigasi menyeluruh untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut.

"Keamanan dan keselamatan bertransportasi publik adalah hak masyarakat, karena itu masyarakat harus mengetahui penyebab kecelakaan dan sebaliknya regulator maupun operator harus bisa memulihkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan menjaga kepercayaan publik penting dilakukan, khususnya LRT Jabodetabek yang merupakan moda transportasi baru.

Baca juga: Puan dorong kenaikan upah minimum 2022

Apalagi, menurut dia, pembangunan dan pengoperasian LRT Jabodetabek yang mengalami kecelakaan saat uji coba dilakukan BUMN.

“Salah satu fungsi BUMN adalah menyelenggarakan kemanfaatan umum. Karena itu, kemanfaatan LRT Jabodetabek ini harus bisa dirasakan masyarakat setelah kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi baru ini dipulihkan dan dijaga," ujarnya.

Puan menilai antusiasme dan kepercayaan masyarakat terhadap LRT Jabodetabek jangan sampai layu sebelum berkembang hanya karena satu kecelakaan saat uji coba.

Dia mengatakan tidak ada cara lain untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik selain terus meningkatkan keselamatan dan keamanan warga negara sebagai pengguna.

Baca juga: Puan: Santri harus jadi pelopor penanggulangan COVID-19

“Targetnya harus 'zero accident' apalagi LRT mempunyai jalur sendiri dan digembar-gemborkan menggunakan sistem dan teknologi canggih," katanya.

Dia mengatakan kepercayaan masyarakat terhadap LRT Jabodetabek penting dijaga karena moda transportasi yang akan resmi beroperasi pertengahan tahun 2022 itu cukup diandalkan untuk mengurangi beban kemacetan Jakarta.

Menurut dia, LRT Jabodetabek harus bisa mendorong pengguna kendaraan pribadi, khususnya warga komuter untuk menggunakan transportasi massal yang jauh lebih efektif tersebut.

Baca juga: DPR minta pemerintah jelaskan isu wajib PCR dalam penerbangan

Selain itu, dia menilai LRT Jabodebatek harus bisa menjadi kebanggaan bangsa karena merupakan hasil karya anak bangsa melalui kerja sama empat BUMN.

Puan mengatakan pemerintah dan operator LRT harus mengubah rasa khawatir dan cemas masyarakat menjadi rasa bangga bertransportasi dengan karya anak bangsa.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021