Di sinilah peran ormas untuk berkolaborasi dengan pemerintah
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengajak organisasi kemasyarakatan (ormas) berkolaborasi untuk menjaga stabilitas di Ibu Kota.

"Di sinilah peran ormas untuk berkolaborasi dengan pemerintah, antara lain menjaga stabilitas kota agar berbagai sektor dan dunia usaha dapat menjalankan aktivitasnya," kata Riza Patria saat menghadiri pengukuhan pengurus Forum Lintas Ormas (FLO) di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, saat pandemi COVID-19, peran ormas yang kini sudah terbentuk dalam wadah FLO DKI Jakarta menjadi contoh terdepan dan senantiasa menyosialisasikan pentingnya disiplin protokol kesehatan.

"Kita bersama memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta tidak menciptakan dan menjauhi kerumunan. Mari terus kita saling mengingatkan," imbuh Riza.

Baca juga: Ormas Jakarta deklarasikan jaga keamanan Ibu Kota pada 2024

Selain itu, Riza juga berharap ormas-ormas di Jakarta dapat berkolaborasi bersama pemerintah dalam menangkal kabar bohong atau hoaks soal COVID-19 hingga vaksinasi.

"Penyebaran informasi hoaks pemberitaan palsu di media sosial salah satunya, sangat marak. Sehingga berdampak negatif bagi masyarakat, berpotensi menimbulkan pemicu konflik kekerasan, kebingungan, rasa tidak aman, menyebabkan konflik SARA," jelasnya.

FLO, yang menjadi wadah sejumlah ormas dari berbagai latar belakang di Jakarta, diharapkan dapat mewujudkan komitmen untuk menghadirkan rasa aman, damai dan kondusif untuk Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia secara keseluruhan.

Ia pun menilai, peran ormas sangat penting sebagai salah satu realisasi dari kebebasan untuk berserikat dan berkumpul, namun harus ada batasannya.

Baca juga: Wali Kota Jakut ingin FKDM menyinergikan tupoksi dengan ormas

"Tidak mudah menyatukan visi-misi dari berbagai ormas yang beragam latar belakangnya. Namun saya yakin dengan semangat kebersamaan, keguyuban dan cita-cita bersama untuk mewujudkan Jakarta yang kondusif, Insya Allah akan solid, tangguh dan berkembang," ucapnya.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021