Suplai listrik untuk JKK Sirkuit Mandalika merupakan komitmen PLN untuk memberikan layanan terbaik dan keandalan pasokan listrik.
Mataram (ANTARA) - Perseroan Terbatas PLN menyiapkan skenario sistem suplai listrik berlapis untuk menghadirkan layanan kelistrikan yang andal dan berkualitas tanpa kedip gangguan pada saat perhelatan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Beberapa peralatan pendukung, seperti uninterruptible power supply, genset pendukung, dan unit gardu bergerak didatangkan dari Nusa Tenggara Timur, Bali, dan Jakarta yang saat ini masih dalam tahap mobilisasi," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasira di Mataram, Senin (1/11).

Dari sisi ketersediaan daya, kata dia, sistem kelistrikan Lombok saat ini memiliki cadangan daya sebesar 80 megawatt atau sebesar 30 persen dari beban puncak Lombok.

"Pasokan daya untuk WSBK dan juga untuk sistem Lombok, insyaallah, aman. Kami juga sudah mengantisipasi meningkatknya kebutuhan listirk seiring dengan akan bertambahnya tamu yang akan datang ke Lombok," ujar Lasiran.

Ia mengatakan bahwa pihaknya bersama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sudah melakukan penyalaan bersama suplai listrik untuk Jalanan Kawasan Khusus (JKK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Suplai listrik untuk JKK adalah sebesar 5,190 megavolt ampere (MVA) yang disuplai dari sistem kelistrikan Lombok. Listrik dipasok melalui Gardu Hubung Mandalika di kawasan sirkuit. Selanjutnya, dialirkan ke beberapa bangunan, seperti pit building, medical center, race control, TV compound, observation deck, dan bright store.

Lasira menjelaskan bahwa JKK merupakan pelanggan premium PLN yang akan disuplai dari tiga jalur utama listrik, yakni dua jalur dari Gardu Induk (GI) Kuta dan satu jalur dari GI Sengkol.

Dua jalur saluran kabel tegangan menengah sepanjang 1.485 kilometer sirkuit (kms) dari GI Kuta dan satu jalur sepanjang 13,8 kms dari GI Sengkol, telah selesai terbangun pada bulan Agustus 2021.

"Suplai listrik untuk JKK Sirkuit Mandalika merupakan komitmen PLN untuk memberikan layanan terbaik dan keandalan pasokan listrik guna mendukung gelaran akbar yang pertama kali di Indonesia," ucap Lasiran.

Sementara itu, Managing Director the Mandalika Bram Subiandoro mengatakan bahwa daya listrik pada saat ini sudah cukup untuk menyelenggarakan WSBK mulai 19 hingga 21 November 2021 dan MotoGP pada bulan Maret 2022.

Baca juga: Sirkuit Mandalika matangkan protokol kesehatan jelang WSBK

Baca juga: Dishub NTB pastikan kesiapan transportasi angkut penonton WSBK

Pewarta: Awaludin
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021