Jayapura (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan membuka Peparnas XVI Papua yang akan dipusatkan di stadion Mandala, Jayapura, Jumat 5 Oktober nanti, kata Ketua Bidang Upacara Peparnas XVI Papua Welliam Manderi kepada ANTARA di  Jayapura, Selasa. 

Peparnas XVI yang akan berlangsung sampai 13 November itu akan mempertandingkan 12 cabang olahraga dan 638 nomor lomba.

Peserta Peparnas XVI tercatat 1.985 atlet dengan 740 ofisial yang akan memperebutkan 695 medali, kata Manderi.

Manderi juga menyatakan  api Peparnas sudah diarak setelah diambil dari Kampung Ketmong di Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura.

Sebanyak 13 atlet difabel dilibatkan untuk mengikuti kirab obor Peparnas XVI Papua.

Baca juga: 13 atlet difabel arak obor Peparnas Papua

Api yang digunakan memang tidak diambil dari sumber api melainkan diproses secara tradisional yang dilakukan para tetua adat di kampung Ketmong.

Proses pembentukan api itu dilakukan para tetua adat Namlong seperti dilakukan zaman dahulu yakni dengan menggunakan dua batang rotan atau kayu yang digosok sampai menghasilkan api yang kemudian disulutkan ke obor yang nantinya dibawa secara estafet.

Api ini juga akan disemayamkan di Kantor Bupati Jayapura di Gunung Merah, kantor Walikota Jayapura di Entrop dan gedung negara sebelum disulutkan pada pembukaan Peparnas di lapangan Mandala Jayapura pada 5 November.

13 atlet difabel yang belum disebutkan namanya akan membawa obor dari Gedung Negara Dok V Jayapura ke Stadion Mandala.

"Yang pasti yang bersangkutan adalah atlet nasional," kata Manderi yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua.

Baca juga: Api sudah dinyalakan lewat prosesi adat, Kirab Obor Papernas mulai

 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021