Purwokerto (ANTARA) - Puluhan pendaki senior yang berusia di atas 40 tahun direncanakan mendaki Gunung Slamet melalui Pos Bambangan, Desa Kutabawa, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, pada 6 November 2021.

"Kegiatan bertajuk Pendakian Bersama Napas Tua ke Gunung Slamet ini bernuansa nostalgia sekaligus silaturahmi," kata fasilitator pendakian, Wahyu Budiarto, saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Dia menyebut kegiatan pendakian tersebut ditargetkan diikuti maksimal 50 pendaki berusia di atas 40 tahun.

Akan tetapi, berdasarkan pendaftaran sementara, kata dia, jumlah calon peserta yang telah mendaftar 17 orang dengan usia tertua 63 tahun yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat.

"Sebenarnya yang menghubungi kami untuk sekadar bertanya sudah cukup banyak, namun yang telah mendaftar baru 17 orang," kata pria yang akrab disapa Yudi Kumis itu.

Baca juga: Ahli sebut Gunung Slamet berpotensi meletus besar di masa mendatang

Dia menjelaskan para peserta pendakian akan tiba di Basecamp Pendakian Gunung Slamet, Dukuh Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, pada Jumat (5/11).

Pendaki akan memulai pendakian ke puncak Gunung Slamet pada Sabtu (6/11), pukul 09.00 WIB, dan ditargetkan tiba di puncak pada Minggu (7/11), pukul 06.00 WIB.

Setelah beristirahat sejenak, para pendaki akan turun pada pukul 09.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Basecamp Bambangan pada pukul 15.00 WIB.

Terkait dengan persiapan pendakian, pihaknya telah menyiapkan tim operasional untuk mendukung kegiatan tersebut.

"Mekanismenya seperti biasa, kami jaring dalam artian di depan itu leader, di tengah penyisir, dan di belakang penyapu. Kalau tidak memungkinkan, kami tarik turun," katanya.

Pihaknya menerjunkan banyak personel dari masyarakat setempat yang masih berusia muda untuk memantau pelaksanaan pendakian tersebut. 

Baca juga: CAUB Banyumas tawarkan wisata petualangan di kaki Gunung Slamet
Baca juga: Ratusan pendaki sambut Tahun Baru di Gunung Slamet

Pewarta: Sumarwoto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021