Pudak Galeri sebagai ikon Kabupaten Gresik sekaligus wadah berbagai produk UMKM Gresik kini dibuka kembali. Pudak Galeri kini hadir dengan konsep baru guna menyediakan ruang yang lebih luas bagi pegiat UMKM
Gresik, Jatim (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa TImur membuka kembali Pudak Galeri atau pusat lokasi pameran produk unggulan dan kuliner yang berada di Jalan Pahlawan wilayah itu, tujuannya untuk memacu pemulihan ekonomi masyarakat yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani di Gresik, Rabu mengatakan, keberadaan Pudak Galeri sempat tutup akibat pandemi COVID-19 selama 1,5 tahun, dan dengan kembali dibuka diharapkan memberi harapan pemulihan ekonomi di Kabupaten Gresik.

"Pudak Galeri sebagai ikon Kabupaten Gresik sekaligus wadah berbagai produk UMKM Gresik kini dibuka kembali. Pudak Galeri kini hadir dengan konsep baru guna menyediakan ruang yang lebih luas bagi pegiat UMKM," kata Gus Yani, sapaan akrab Fandi Akhmad Yani.

Ia berharap, dengan suasana tempat yang tertata rapi dan 180 UMKM serta 500 produk mulai dari fesyen, craft, kuliner serta berbagai produk unggulan lainnya, bisa menjadi tujuan warga untuk mencari produk unggulan Gresik.

"Di lantai dasar sisi sebelah selatan, terdapat ruang yang menyediakan berbagai produk khusus kerajinan UMKM di antaranya sarung, kopyah, mukenah, dompet dan juga souvenir. Di sisi utara, terdapat stan khusus makanan dan minuman kemasan yang juga merupakan produk unggulan UMKM di Kabupaten Gresik," kata Gus Yani, menjelaskan.

Gus Yani mengatakan, Pemkab Gresik akan terus berkomitmen untuk melakukan pemulihan ekonomi, termasuk salah satunya dibukanya kembali Pudak Galeri ini.

"Sekarang sudah waktunya harus bangkit kembali untuk menghidupkan berbagai macam usaha dan juga melakukan pemulihan ekonomi. Kami buka kembali Pudak Galeri yang sempat mati suri akibat pandemi. Kami dorong pegiat UMKM untuk memulai usahanya kembali agar ekonominya berangsur pulih," kata Gus Yani

Sementara itu, saat ini Pudak Galeri juga difasilitasi sejumlah pelayanan publik untuk masyarakat, di antaranya klinik ekspor sebagai sarana konsultasi tentang tata cara ekspor, perizinan usaha UMKM hingga permodalan dengan menggandeng perbankan milik daerah, yakni BPR Bank Gresik.

Baca juga: Rumah.com: Surabaya dan Gresik paling prospektif di Jatim
Baca juga: Menkop UKM lepas ekspor mangga asal Gresik ke Singapura
Baca juga: Bahlil cerita diprotes rakyat Papua, soal smelter dibangun di Gresik


Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021