Jakarta (ANTARA) - Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba yang merupakan bagian dari GoTo Group, telah meluncurkan Catalyst Changemakers Lab (CCL) pada 5 November 2021.

CCL merupakan sebuah program bagi para agen perubahan untuk berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan akses air minum layak dan ketahanan bencana hidrometeorologi.

Untuk itu, CCL mengajak perusahaan rintisan atau startup dan organisasi masyarakat sipil (CSO) untuk bergabung dan melahirkan inovasi yang akan diaplikasikan di berbagai kota di Indonesia.

Bersama dengan Social Innovation Accelerator Program (SIAP), sebuah platform pengembangan dan akselerasi wirausaha sosial, YABB menghadirkan CCL untuk mempertemukan para pemangku kepentingan dari multisektor dengan fokus pada pendekatan pola pikir sistematik (system change thinking) dan kepemimpinan transformasional (transformational leadership).

Selanjutnya, Pilot Project akan dilaksanakan untuk memastikan solusi dapat digunakan dengan baik, sehingga pemanfaatan teknologi bisa benar-benar membantu masyarakat luas di berbagai tempat.

Baca juga: Riset: Ekosistem digital tingkatkan inklusi keuangan

Baca juga: Semakin mudah, investasi digital kian diminati masyarakat


Monica Oudang, Chairwoman Yayasan Anak Bangsa Bisa mengatakan bahwa air merupakan penopang kehidupan manusia. Namun ada dua isu penting yang harus digerakkan secara bersama-sama.

Pertama, air minum layak harus dapat diakses oleh setiap individu. Kedua, bencana terkait air semestinya tidak memberikan kerugian sosial ekonomi yang berat kepada masyarakat.

"Dengan prinsip gotong royong yang selalu menjadi DNA kami, YABB berkomitmen untuk mendorong perubahan yang mengakar dan berkesinambungan. Kami berharap CCL dapat menjadi langkah perubahan pada sistem dengan memanfaatkan kolaborasi, inovasi dan teknologi," ujar Monica dalam keterangan resminya pada Jumat.

"Hal ini pun kami lakukan dalam mendukung upaya pemerintah demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang dapat menikmati air minum layak dan lebih tahan terhadap bencana terkait air," lanjutnya

Direktur Perumahan dan Permukiman Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Tri Dewi Virgiyanti S.T, MEM. mengatakan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh YABB dengan membentuk kolaborasi para agen perubahan mulai dari perusahaan rintisan, organisasi masyarakat sipil (CSO) serta komunitas untuk membantu percepatan akses terhadap air minum layak dan aman.

"Hal ini sesuai dengan target pemerintah dimana seluruh masyarakat Indonesia memiliki akses terhadap air minum layak di tahun 2024, termasuk 30 persen akses air minum perpipaan, dan 15 persen akses air minum yang aman," kata Tri.

Tidak hanya permasalahan air minum layak yang masih menjadi pekerjaan kita bersama, data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat bahwa 98 persen bencana yang terjadi di Indonesia sejak Januari sampai Agustus 2021 adalah bencana hidrometeorologi basah.

Bencana terkait air ini tidak hanya menelan ratusan korban jiwa, bencana ini juga menimbulkan kerugian sosial ekonomi yang berat bagi jutaan masyarakat yang tinggal di area rentan bencana.

Co-Founder and Managing Partner Social Innovation Accelerator Program (SIAP) William Hendradjaja mengungkapkan bangga menjadi bagian dari Catalyst Changemakers Lab (CCL) yang mengkombinasikan penggunaan teknologi yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan di berbagai daerah.

"CCL akan melanjutkan rangkaian program dengan kampanye aktivasi untuk menyatukan para pemangku kepentingan dalam membahas isu air di Semarang, Makassar, dan Bandar Lampung. Karena itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat," ujar William.

"YABB melalui pilar ThriveGreener senantiasa fokus menyediakan solusi untuk masalah yang berkaitan dengan lingkungan. Kami berharap CCL dapat menjadi cara baru dalam penanganan tantangan yang ada, sehingga dapat mempercepat proses intervensi terhadap masalah air saat ini. Ke depannya, ketahanan bencana terkait air pun akan kami tidak hanya oleh Indonesia, tapi juga Filipina dan Vietnam," kata Monica.

Kunjungi www.anakbangsabisa.org/catalystlab/ untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini, dan pastikan untuk mendaftar CCL sebelum 14 November 2021.

Baca juga: Ekosistem Gojek diperkirakan berkontribusi Rp249 triliun

Baca juga: Inklusi keuangan digital dorong pemanfaatan teknologi bagi UMKM

Baca juga: GoTo siap dorong pemulihan ekonomi melalui digitalisasi

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021