warga diharapkan segera mengungsi ke posko-posko terdekat
Sergai (ANTARA) - Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, menyalurkan bantuan sebanyak 3.300 karung beras kepada warga terdampak banjir yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin.

Bupati Sergai,, Darma Wijaya di Sei Rampah, Sabtu, mengatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemkab Sergai atas kondisi masyarakat yang saat ini menjadi korban bencana banjir musiman sekaligus menghadirkan pemerintah di tengah masyarakat.

"Musibah ini tentunya tidak ada yang menginginkan, namun semua cobaan ini harus kita lalui dengan tabah dan sabar. Kami tidak tutup mata atas kesusahan yang dialami masyarakat terdampak banjir. Maka dari itu, kami langsung turun ke tengah-tengah masyarakat, " katanya.

Bupati menerangkan, jika dari data yang diperoleh, tercatat ada 3.300 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Tanjung Beringin yang rumahnya terendam air. Untuk itu seluruh pihak, baik itu pemerintah, jajaran TNI/Polri serta lainnya bergotong royong untuk memberikan bantuan kepada para korban bencana.

Selain Kecamatan Tanjung Beringin, ungkapnya lagi, pihaknya turut pula menyerahkan bantuan kepada 2.010 KK di Kecamatan Sei Rampah yang kediamannya juga terendam banjir kiriman dari hulu Sungai Bedagai.

Baca juga: Pemkab Sergai salurkan bantuan Kemensos untuk warga korban banjir
Baca juga: Ribuan hektare lahan pertanian di Serdang Bedagai terendam banjir

Ia mengimbau warga korban banjir untuk senantiasa waspada dalam menghadapi cuaca ekstrim yang beberapa hari terakhir kerap terjadi di sebagian besar wilayah Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat itu.

"Kepada seluruh masyarakat khususnya korban bencana banjir, agar tetap waspada. Jika tidak memungkinkan tinggal di rumah, warga diharapkan segera mengungsi ke posko-posko terdekat yang sudah disiapkan pemerintah," katanya.

Sementara Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, mengatakan, sejak banjir melanda kawasan Sei Rampah dan Tanjung Beringin, pihaknya telah menyiagakan personel di lokasi untuk membuat posko.

Sekaligus memantau ketinggian air dan menurunkan perahu karet serta alat pertolongan bagi warga korban banjir.

Baca juga: 4.570 kepala keluarga di Serdang Bedagai Sumut terdampak banjir
Baca juga: Pemkot Medan benahi drainase penyebab banjir di Sunggal

Pewarta: Juraidi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021