tahun ini KAI menambah jumlah voucer
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menyediakan 785 voucer tiket KA jarak jauh secara gratis untuk tenaga kesehatan, guru, dan veteran dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

"Secara keseluruhan, PT KAI (Persero) menyediakan 11.000 voucer tiket KA jarak jauh gratis yang dapat digunakan untuk periode keberangkatan 8-30 November 2021. Khusus untuk Daop 5 Purwokerto disediakan sebanyak 785 voucer tiket gratis," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Menurut dia, program tersebut merupakan bentuk penghargaan KAI kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berbakti kepada masyarakat, baik di masa pandemi maupun di masa kemerdekaan.

Selain itu, kata dia, program tersebut merupakan kelanjutan dari program serupa pada tahun 2020 dengan membagikan 10.000 voucer tiket KA kepada guru dan tenaga kesehatan.

"Berkat antusiasme masyarakat yang tinggi, tahun ini KAI menambah jumlah voucer yang disediakan serta menambah veteran sebagai salah satu pihak yang berhak mendapatkan voucer tiket kereta. KAI mengucapkan terima kasih kepada para guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, para tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah di masa pandemi, serta para veteran yang telah berjasa demi kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.

Baca juga: Hari Pahlawan, KAI bagi 11.000 tiket gratis buat guru, nakes, veteran
Baca juga: Kemensos libatkan anak-anak dalam peringatan Hari Pahlawan

Lebih lanjut, Ayep mengatakan guru yang berhak mendapatkan voucer tersebut adalah guru pendidikan formal untuk jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat, baik negeri maupun swasta dengan status pegawai negeri sipil maupun honorer.

Sementara untuk tenaga kesehatan terdiri atas bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi, dan pengemudi ambulans, baik dari klinik, Puskesmas, maupun rumah sakit.

"Program voucer tiket gratis bagi tenaga kesehatan ini tidak berlaku untuk dokter. Sedangkan untuk veteran, harus merupakan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia atau LVRI," katanya menjelaskan.

Menurut dia, voucer dapat diambil mulai tanggal 7 November hingga 29 November 2021 di loket atau customer service pada 12 stasiun, yakni Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Medan, Kertapati, dan Tanjung Karang.

Ia mengatakan, voucer hanya berlaku untuk KA yang diberangkatkan dari wilayah pengambilan voucer. "Misalnya, pengambilan voucer di Stasiun Gambir, maka voucer hanya berlaku untuk KA keberangkatan dari Gambir dan Pasar Senen," kata Ayep. 

Baca juga: Kemensos kerja bakti bersihkan TMPNU Kalibata menjelang Hari Pahlawan

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021