Tripoli (ANTARA News) - Ledakan-ledakan keras dan rentetan tembakan anti-pesawat terdengar di dekat kompleks orang kuat Libya Moamer Kadhafi, Senin malam waktu setempat (Selasa dinihari WIB), demikian dilaporkan seorang koresponden AFP.

Ledakan-ledakan itu bergema sekitar pukul 19.00 GMT (Selasa pukul 02.00 WIB) di dekat barak Bab el-Aziziya di daerah selatan Tripoli, kata koresponden itu.

Ledakan-ledakan serupa mengguncang ibukota Libya tersebut pada Minggu malam.

Para pejabat koalisi pada Senin mengatakan, sebuah bangunan pemerintah di kompleks Kadhafi yang dijaga ketat itu, yang terletak sekitar 50 meter dari tenda dimana ia biasanya menerima tamunya, telah hancur oleh serangan rudal jelajah.

Dalam intervensi terbesar Barat di dunia Arab sejak invasi pimpinan AS ke Irak pada 2003, sejumlah kapal perang AS dan sebuah kapal selam Inggris menembakkan lebih dari 120 rudal jelajah Tomahawk ke Libya pada Sabtu, kata militer AS.

Pesawat-pesawat tempur Prancis juga melancarkan serangan udara.

Serangan-serangan itu dilakukan sesuai dengan mandat PBB.

Resolusi 1973 DK PBB disahkan Kamis lalu ketika kekerasan dikabarkan terus berlangsung di Libya dengan laporan-laporan mengenai serangan udara oleh pasukan Kadhafi, yang membuat marah Barat. Resolusi itu mengizinkan aksi militer untuk mencegah pasukan Kadhafi menyerang warga sipil. (M014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011