Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket putri Indonesia menjungkalkan Kazakhstan 79-69 saat membuka penampilan dalam Piala FIBA Asia Putri 2021 Divisi B di Amman, Yordania, Minggu waktu setempat.

Hasil itu menjadi kejutan manis bagi pasukan Srikandi Basket Indonesia karena Kazakhstan digadang-gadang menjadi unggulan utama untuk meraih tiket promosi ke Divisi A.

Pemain naturalisasi Kimberley Pierre-Louis menjadi motor utama kemenangan Indonesia lewat catatan double-double 31 poin dan 15 rebound yang dibukukannya.

Small forward Henny Sutjiono turut menyumbangkan 21 poin diikuti 11 poin dari center Gabriel Sophia menghiasi penampilan agresif Indonesia.

Zalina Kurazova mengemas 26 poin disusul Anastassiya Alishauskaite yang mencetak 13 poin untuk Kazakhstan yang sebetulnya lebih efisien mengkonversi 42 persen percobaan mencetak poin sepanjang pertandingan.

Baca juga: Indonesia hadapi tantangan berat di Piala FIBA Asia Putri

Kendati tak diunggulkan, Indonesia tampil gemilang dalam kuarter pertama. Indonesia bahkan sempat memiliki marjin keunggulan 19 poin atas Kazakhstan dalam kedudukan 45-26 dalam 50 detik akhir kuarter kedua setelah menangguk rentetan 12 poin tanpa balas.

Paruh pertama pertandingan ditutup Indonesia dalam keunggulan 47-31 yang menjadi modal bagus mengarungi dua kuarter berikutnya.

Pada pemain Lin Chi Wen sedikit tampak sedikit kehilangan kendali dalam dua kuarter berikutnya dan keunggulan perlahan terpangkas.

Dua lemparan bebas dari Priscilla Anabel Karen pada ujung laga cukup mengunci kemenangan Indonesia yang akan bertemu tuan rumah Yordania dalam lanjutan penyisihan Grup B pada Senin malam nanti.

Baca juga: Perbasi targetkan timnas basket putri promosi divisi di FIBA Asia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021