Jakarta (ANTARA) - Bertepatan dengan momen Hari Pahlawann 10 November 2021, perusahaan e-commerce enabler Sirclo membagikan 700 hampers untuk para “pahlawan” di era digital, yakni para pekerja e-commerce di garis depan, mulai dari staf gudang, staf logistik, bagian pengemasan, hingga kurir pengiriman.

Untuk menjalankan inisiatif sosial perusahaan ini, Sirclo merangkul 10 brand klien Sirclo Commerce sebagai mitra, di antaranya adalah Ajinomoto, AsaHi, Danone Indonesia, Frisian Flag Indonesia, Indofood Snack Time, Kopi Luwak, Kratingdaeng Indonesia, Mamee, Ultrajaya, dan Sukanda Djaya.

Sejak awal pandemi, tingkat penetrasi e-commerce di Indonesia meningkat secara signifikan. Berdasarkan laporan Katadata Insight Center bersama Sirclo, konsumen yang memilih berbelanja online secara eksklusif telah meningkat dari 11% sebelum pandemi, menjadi 25,5% di awal tahun 2021.

Baca juga: Sirclo akuisisi platform parenting Orami

Tak hanya itu, Indonesia juga masuk dalam lima besar negara yang memiliki frekuensi belanja online terbesar di dunia, dimana 40 persen konsumen berbelanja online setiap minggunya, menurut publikasi Knight Frank Australia pada bulan Juli 2021.

Karena itulah, peran dari staf lapangan dalam menggerakkan roda e-commerce di Indonesia semakin besar. Kehadiran pekerja garis depan memastikan jutaan pembeli di berbagai penjuru Indonesia bisa menerima pesanan mereka dari kenyamanan rumah.

Pemberian bingkisan kepada para pahlawan era digital ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi atas kerja keras dan konsistensi tim garis depan e-commerce Sirclo, terutama di pusat fulfillment yang tersebar di Jabodetabek, Yogyakarta, serta Surabaya.

“Para pekerja lapangan di sektor e-commerce menjadi salah satu kelompok ‘pahlawan digital’ yang bekerja siang-malam demi memenuhi kebutuhan konsumen di kanal online. Sejak awal pandemi, mereka telah mengambil risiko untuk tetap bekerja dari pusat fulfillment setiap hari, bahkan ketika gelombang pandemi meningkat,” ungkap Rinaldi Tjhin, Chief Services Officer Sirclo, dalam pernyataan pers, dikutip Kamis.

Sementara itu, perwakilan dari staf lapangan, Adiyanto Didiet, mengatakan,"Meski berada di belakang layar, kami percaya bahwa kinerja dan kontribusi kami merupakan bagian dari suatu tujuan yang besar. Selama masa pandemi, peran kami semakin berkembang, dari sebelumnya memenuhi kebutuhan konsumen, hingga kini turut menjaga keselamatan konsumen dan menekan penyebaran COVID-19."

Pada akhir pekan lalu, Sirclo telah mengajak karyawan yang berbasis di kantor pusat untuk secara sukarela menyusun, mengemas, serta mendistribusikan paket bingkisan penghargaan bagi para e-commerce frontliner. Hal ini merupakan bentuk solidaritas, agar sedikit banyak para karyawan yang mampu bekerja dari rumah (work from home) memahami tantangan dalam memproses ratusan, bahkan ribuan pesanan setiap hari.

Bingkisan ini terdiri dari produk-produk kesehatan, kebersihan, serta makanan dan minuman siap saji, yang telah dibagikan dari tanggal 8-10 November 2021.

Baca juga: Triawan Munaf jadi komisaris Sirclo akselerasi digitalisasi UMKM

Baca juga: Sirclo dapat suntikan pendanaan baru Rp515 miliar

Baca juga: Sirclo donasikan 800 paket untuk keluarga nakes terdampak COVID-19

 

Pewarta: Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021