Sejak kemarin kondisi banjir di kelurahan Dadap sudah surut, hanya tinggal beberapa centimeter lagi air yang tersisa di beberapa titik
Tangerang (ANTARA) - Genangan air akibat rob atau air laut pasang di enam rukun warga (RW) di Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, berangsur surut dan aktivitas warga sekitar pun mulai kembali normal.

Plt Camat Kosambi, Inton di Tangerang, Jumat mengatakan sejak satu hari yang lalu kondisi rob yang merendam enam rukun warga tersebut sudah berangsur surut.

"Sejak kemarin kondisi banjir di kelurahan Dadap sudah surut, hanya tinggal beberapa centimeter lagi air yang tersisa di beberapa titik," katanya.

Baca juga: Jumlah RW terdampak banjir rob di Tangerang bertambah

Ia mengatakan rob yang melanda beberapa rukun warga itu telah berdampak kepada sekitar 2.739 kepala keluarga (KK) sejak beberapa hari lalu dengan ketinggian air bervariasi hingga mencapai 20 centimeter.

Kondisi tersebut, menurut dia, sudah biasa terjadi di setiap tahunnya sehingga warga sekitar pun saat air menggenangi rumahnya tetap bertahan dan tidak ada yang mengungsi.

"Banjir ini bagi mereka sudah biasa, jadi tidak ada warga yang mengungsi. Mereka juga tidak memerlukan bantuan seperti dapur umum, itu tidak," ujarnya.

Baca juga: Banjir rob di Dadap Tangerang rendam tiga RW

Ia mengungkapkan sejak awal terjadinya banjir, pihaknya melalui jajaran pemerintah kecamatan setempat bersama TNI/Polri terus melakukan pemantauan terhadap situasi wilayah bencana.

"Kami kemarin bersama Koramil setempat sudah memantau langsung ke lapangan, tujuannya untuk memastikan jika warga ada yang memerlukan bantuan atau pengungsian," kata dia.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang mencatat jumlah wilayah yang terdampak rob di Kampung Cheng In dan Kampung Dadap Sawah, Kelurahan Dadap dengan melingkupi enam rukun warga (RW) seperti di RW 01, 02, 03, 04, 05 dan 06.

Baca juga: BPBD Tangerang ingatkan warga banjir laut pasang

"Berdasarkan hasil pendataan korban banjir di wilayah Kelurahan Dadap, Tangerang di antaranya yaitu RW 01, 02, 03, 04, 05 dan RW 06. Total keseluruhan jumlah yang terdampak 2.739 Kepala Keluarga," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (BPBD) Kabupaten Tangerang, Abdul Munir di Tangerang, Rabu (10/11).

Selain itu, lanjutnya, dari beberapa wilayah rukun warga yang terdampak itu, sudah terendam banjir sejak Jumat (5/11).

"Situasi terkini masih aman dan terkendali,
dan wilayah itu memang sudah menjadi wilayah langganan rob," ujarnya.

Ia berharap selama kondisi cuaca yang saat ini cukup ekstrem, seluruh warga di sekitar rawan bencana selalu waspada serta berperan aktif dalam menanggulangi bencana seperti banjir, angin puting beliung, longsor dan bencana alam lainnya.

Baca juga: Hujan deras picu banjir bandang di Pacitan Jatim

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021