Dalam rangka mendukung destinasi pariwisata Mandalika dan WSBK 2021 serta MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, AirNav berkomitmen mendukung penuh kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di bidang trasnportasi udara
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Lembaga penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan industri (AirNav) Indonesia menyatakan, menjamin arus lalu lintas udara dalam mengantisipasi peningkatan pergerakan pesawat menjelang Wolrd Superbike (WBSK) di Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Dalam rangka mendukung destinasi pariwisata Mandalika dan WSBK 2021 dan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, AirNav berkomitmen mendukung penuh kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di bidang trasnportasi udara dapat dipastikan aman, lancar dan nyaman," kata General Manager AirNav Cabang Lombok, Buyung Prastiyono di Praya, Lombok Tengah, Jumat.

Ia mengatakan, AirNav Indonesia siap memberikan pelayanan navigasi penerbangan di wilayah udara Indonesia, termasuk dalam menyambut WBSK yang berlangsung di Sirkuit Mandalika.

"Kami telah mempersiapkan diri guna mengantisipasi peningkatan penggerakan pesawat di Bandara Lombok, termasuk telah menyiapkan prosedur kedaruratan dalam mensuksekan WSBK dan MotoGP di Mandalika," katanya.

Ia mengatakan, dampak pandemi COVID-19 pendapatan AirNav menurun, namun pelayanan lalulintas udara harus tetap dilaksanakan untuk menjamin keselamatan penerbangan.

"Pendapatan menurun, pelayanan lalulintas udara tetap dilakukan,"katanya.

Ia mengatakan, diawal tahun 2020 pergerakan pesawat mulai meningkat, namun dipertengahan tahun kembali menurun dampak pandemi dan syarat penerbangan diperktat dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19.

"Jelang WSBK ini mulai ada peningkatan pergerakan pesawat," katanya.

Ia mengatakan, meskipun ada peningkatan penggerak pesawat menjelang WSBK, pelayanan kepada semua penerbangan tertap maksimal, sehingga tidak perlu dikhawatirkan terkait pelayanan lalulintas udara.

"Pelayanan semua penerbangan tetap bisa dijamin atau dilayani," kata Buyung Prastiyono.

Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait mengatakan, alat navigasi yang telah dipasang di semua Bandara saat ini telah siap menerima rute kedatangan pesawat baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Kami siap menerima penambahan rute penerbangan, selama telah memiliki izin penerbangan," katanya.

Baca juga: APDI: Pesawat Drone tak boleh terbang sembarangan di WSBK Mandalika

Baca juga: Presiden: Prokes WSBK Mandalika jangan kendur

Baca juga: 146 bus dukung kelancaran arus lalu lintas ajang IATC dan WSBK


 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021