Manado (ANTARA) - Tim SAR gabungan menemukan Firman Towoliu (49) seorang warga yang hilang di Danau Tondano Minahasa, Sulawesi Utara, saat mencari ikan pada Kamis (11/11) dinihari, dalam keadaan meninggal pada Jumat.

"Walau tim SAR gabungan agak mengalami kesulitan dalam pencarian, berkat kerja sama dan kekompakan tim, korban hilang cepat ditemukan," kata Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado Jendry Paendong, Jumat, di Manado.

Ia mengatakan pada pencarian tersebut tim Basarnas menerjunkan dua orang penyelam dengan penyelaman di sekitar lokasi kejadian.
Tim SAR gabungan juga melaksanakan pencarian korban dengan penyisiran di pinggiran danau, menggunakan perahu karet dan penyelaman.

Pada sekitar jam 10.30 WITA korban di temukan sebelah utara dari lokasi kejadian atau sekitar 20 meter dari lokasi kejadian. Korban ditemukan di bawah tanaman eceng gondok yang menutupi korban.

Baca juga: Tim SAR temukan bocah yang tenggelam di danau bekas galian

Baca juga: Tim SAR hentikan pencarian dua orang tenggelam di Danau Towuti


Pada saat evakuasi korban, tim SAR gabungan juga merasa kesulitan, dan harus membersihkan tanaman eceng gondok yang menutupi korban.

"Korban kemudian dievakuasi dalam keadaan meninggal dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Sam Ratulangi Tondano, untuk dibersihkan dan setelah itu akan disemayamkan pihak keluarga korban," katanya.

Ia menambahkan dengan penemuan korban tersebut, operasi pencarian kami tutup.*
.
Baca juga: Dua bocah tewas tenggelam di danau kawasan RPTRA Kembangan Utara

Baca juga: Korban tenggelam di Danau Toba ditemukan

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021