Saya mengucapkan terima kasih dan selamat atas keberhasilan pelaksanaan PON dan Peparnas di Provinsi Papua yang telah kita lalui bersama
Jayapura (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mengatakan kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua menjadi bukti Bumi Cenderawasih aman dan damai.

"Ini pembuktian bagi kita semua bahwa Papua dan Indonesia itu sudah sangat bersenyawa menyatu di dalam semangat dan tujuannya serta rasa senasib dan sepenanggungan," kata Mahfud dalam konferensi pers di Media Center Kominfo, Swiss-belhotel, Kota Jayapura, Jumat malam WIT.

"Dulu jelang pelaksanaan PON dan Peparnas. Banyak yang menjadi catatan. Kini, semua tahu bahwa Papua itu sama dengan daerah lain bisa hidup aman, nyaman, dan tenang juga," dia menambahkan.

Mahfud MD memberikan apresiasi kepada panitia dan dengan koordinasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, TNI-Polri, pemerintah daerah serta kementerian lembaga.

Baca juga: Menko Polhukam: Stabilitas PON dan Peparnas bukti Papua aman dan damai

"Saya mengucapkan terima kasih dan selamat atas keberhasilan pelaksanaan PON dan Peparnas di Provinsi Papua yang telah kita lalui bersama. Dengan kesuksesan ini, menunjukkan bahwa Papua merupakan salah satu kekuatan olahraga nasional yang mengedepankan solidaritas dan persatuan serta kesatuan," kata Mahfud.

Dia juga menyampaikan bahwa Papua memiliki atlet bibit potensial. Terbukti dengan Papua sukses menempati peringkat empat besar di PON. Pun demikian di Peparnas, tuan rumah mampu berbicara banyak dengan raihan medali yang ditorehkan atlet.

Suksesnya penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan itu juga merupakan bukti nyata seluruh elemen masyarakat di Papua dapat menggelar dengan baik berbagai ajang kompetisi olahraga tingkat nasional pada masa mendatang.

"Sehingga, semboyan yang terus digaungkan "Torang Bisa" diimplementasikan nyata dalam penyelenggaraan PON dan Peparnas yang sukses," pungkas Mahfud MD.

Baca juga: PON dan Peparnas Papua pecahkan 90 rekornas
Baca juga: Tambi Sibarani memang bidik rekornas angkat berat pada Peparnas Papua

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021