Jayapura (ANTARA) -
Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan rasa bangga yang teramat besar kepada Kontingen Provinsi Papua yang berhasil merebut tahta Juara Umum Peparnas XVI 2021.
 
Juru Bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus di Jayapura, Sabtu, mengatakan Lukas Enembe meminta kepada seluruh atlet dan ofisial Kontingen Papua untuk menggenggam erat kemenangan ini dan menghargai setiap butir keringat yang telah tumpah, karena diketahui bahwa mempertahankan tidak semudah mendapatkan.
 
"Gubernur Lukas Enembe juga berterimakasih kepada seluruh kontingen dari provinsi lainnya yang telah berjuang dan bertanding dengan militansi yang tinggi namun tetap menjunjung sportifitas dan mengedepankan fair play," katanya.
 
Menurut Rifai Darus, Gubernur Enembe kepada para atlet yang belum berhasil meraih medali, pihaknya menitipkan pesan bahwa kekalahan yang merendahkan hati jauh lebih mulia dibandingkan kemenangan yang menebalkan ego.
 
"Gubernur Lukas Enembe mengatakan bahwa penyelenggaraan Peparnas XVI di Papua ini merupakan bukti dari sinergitas yang terbangun dengan amat baik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah," ujarnya.
 
Dia menjelaskan Gubernur Enembe menyebut akselerasi pembangunan infrastruktur olahraga yang juga mengedepankan sarana ramah disabilitas adalah bukti serius dari Provinsi Papua untuk menjadi daerah yang pantas dan layak disematkannya title “provinsi olahraga”.
 
"Peparnas XVI Papua 2021 ini memberikan banyak cerita baik, unik dan menarik kepada seluruh peserta yang hadir secara langsung di Bumi Cenderawasih diharapkan agar para peserta dari daerah lain tersebut dapat membawa cerita-cerita tersebut ke seluruh penjuru nusantara, bahwa Papua adalah tanah yang indah dan seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo mengenai Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi," katanya.
 
Dia menambahkan Gubernur Lukas Enembe tidak lupa berterimakasih kepada seluruh masyarakat Papua yang telah bersama-sama dengan Panitia Penyelenggara menyukseskan pagelaran Peparnas XVI Papua 2021, di mana pihaknya menyatakan masyarakat Bumi Cenderawasih telah berhasil menampilkan sisi baik dan yang sebenarnya dari Papua kepada seluruh peserta daerah lain.
 
"Teruslah menabur kasih, ciptakan rasa damai, dan bergerak lah maju untuk mewujudkan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan," ujarnya lagi.

 
 
 
 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021