Batam (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Batam Kepulauan Riau menyatakan pelaksanaan vaksinasi terhadap lanjut usia di Kota Batam Kepulauan Riau masih terkendala penolakan dari yang bersangkutan atau keluarganya.

"Lansia, kendalanya banyak penolakan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Sabtu.

Pemkot Batam terus melakukan pendekatan dan sosialisasi pentingnya lansia menerima vaksin agar mendapatkan kekebalan tubuh dari paparan COVID-19 kepada warga setempat.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, capaian vaksinasi lansia di Kota Batam mencapai 64,07 persen.

Baca juga: Seluruh sekolah di Batam sudah terapkan belajar tatap muka

Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 di Batam sudah 83 persen


Selain karena adanya penolakan vaksin untuk lansia, Didi juga menduga, kecilnya capaian vaksinasi karena jumlah lansia yang menjadi sasaran vaksinasi lebih besar dibandingkan fakta di lapangan.

"Kemungkinan sasarannya tidak sesuai. terlalu besar," kata dia.

Didi juga menduga, kecilnya angka capaian vaksinasi karena terdapat sejumlah lansia Batam yang melaksanakan vaksinasi di Kota Tanjungpinang, sehingga tidak tercatat di Batam.

"Sebagian lansia kita ikut vaksin di Tanjungpinang. Saat awal peluncuran, hanya dipusatkan di ibukota provinsi," kata dia.

Sementara itu, capaian vaksinasi Batam berdasarkan data Komisi Penanganan COVID-19 dan Penanganan Ekonomi Nasional (KPCPEN) hingga 12 November 2021 untuk dosis pertama sebanyak 97,96 persen, dengan rincian tenaga kesehatan sebesar 176,89 persen, lansia 64,07 persen, remaja 54,65 persen, masyarakat umum 689,35 persen, dan petugas publik 408,49 persen.

Atas capaian itu, kata Didi, Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan kepada Kota Batam sebagai penyelenggara vaksin COVID-19.*

Baca juga: Batam terima bantuan 60.000 vaksin dari Singapura

Baca juga: Wagub Kepri yakinkan ibu menyusui untuk divaksin COVID-19

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021