Jambi (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menyatakan belasungkawa kepada korban pada musibah banjir bandang di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua.

"Sebelum saya melanjutkan sedikit sambutan saya, saya ingin menyampaikan bahwa di Papua, di Distrik Paniai, terjadi lagi banjir bandang. Saya ikut prihatin dan ikut memikirkan apa yang bisa kita lakukan bagi saudara-saudara kita di sana," kata Boediono saat rapat koordinasi dengan sejumlah gubernur di Jambi, Jumat.

Wapres mengatakan, kejadian tersebut mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara rawan bencana. Untuk itu, lanjut Boediono, dibutuhkan kesiapsiagaan dari semua unsur, baik tim penanganan bencana maupun pemerintah dan juga masyarakat.

Wapres menambahkan, kesiapsiagaan terhadap bencana diperlukan pelatihan dan sosialisasi yang terus-menerus dilaksanakan, mengingat bencana bisa datang kapan saja.

Banjir di dua distrik Ekadide dan Aradide, di Kabupaten Paniai, Papua, pertama kali terjadi 17 Maret 2011. Banjir kembali mengguncang Kamis malam tadi (31/4), dan hingga kini dikabarkan 13 orang meninggal, sedangkan warga dua distrik tersebut kini mengungsi.(*)

M041/P004

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011