Jangan ragukan loyalitas TNI Angkatan Laut, jangan ragukan loyalitas Marinir yang selama ini telah terbukti.
Jakarta (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIII di Tarakan mengelar rangkaian peringatan HUT Ke-76 Korps Marinir dengan kegiatan membangkitkan kembali nilai patriotisme, nasionalisme, dan heroisme serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, menjelaskan bahwa kegiatan itu melibatkan seluruh prajurit Yonmarhanlan XIII, Satgas Mar Ambalat XXVII, Perwakilan Satgas Pamtas Yon Armed TNI AD, tokoh masyarakat perbatasan, pelajar, dan elemen masyarakat.

Kegiatan diawali pada hari Jumat (12/11) dengan Serpas Prajurit Lantamal XIII dan Yonmarhanlan XIII dari Tarakan ke Sebatik. Dalam perjalanan, melaksanakan pengibaran bendera Merah Putih di Suar Karang Unarang perbatasan RI-Malaysia. Selanjutnya, melaksanakan tasyakuran mengenang Dwikora di Tugu Dwikora yang terletak di sisi barat Alun-Alun Kabupaten Nunukan.

Pada hari Sabtu (13/11), prajurit Yonmarhanlan XIII Tarakan bersama masyarakat melaksanakan kegiatan tapak tilas bersejarah. Lokasi itu tempat prajurit KKO TNI AL berjuang mempertahankan kedaulatan NKRI di Kecamatan Sei Manggaris, Kabupaten Nunukan.

"Rute diawali menyusuri perbatasan melalui jalur laut sejauh 8 NM dan dilanjutkan jalur darat sejauh 25 kilometer dan diakhiri kegiatan tabur bunga di lokasi gugurnya empat orang pahlawan Dwikora, tepatnya di Tebing Tanah Merah Siglayan Tempur," kata Edi.

Pada hari Minggu (14/11), usai melakukan Tapak Tilas Operasi Dwikora di wilayah Sei Menggaris, dengan penuh semangat prajurit marinir dari Yonmarhanlan XIII melanjutkan rangkaian kegiatan napak tilas yaitu kirab kota dengan jarak yang ditempuh 11 kilometer.

Upacara puncak rangkaian HUT Ke-76 Marinir di lapangan Pos Kotis Sei Bajo, Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara, Senin (15/11), yang dipimpin langsung Komandan Lantamal XIII.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan bakti kesehatan khitanan massal yang melibatkan tenaga kesehatan RSAL Ilyas Tarakan dan Diskes Lantamal XIII yang bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Wilayah Sebatik, Nunukan.

"Sebanyak 44 anak mendapat kesempatan untuk melaksanakan khitan secara gratis," kata Edi.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan bahwa TNI Angkatan Laut tetap loyal terhadap siapa pun pemimpin TNI.

"Jadi, jangan ragukan loyalitas TNI Angkatan Laut, jangan ragukan loyalitas Marinir yang selama ini telah terbukti," kata Yudo usai memimpin upacara HUT Ke-76 Korps Marinir TNI Angkatan Laut di Lapangan Upacara Brigif 1 Marinir, Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Senin.

Baca juga: Kasal sebut ke depan Korps Marinir TNI AL akan semakin besar

Baca juga: Korps Marinir gelar upacara peringatan HUT Ke-76 TNI AL

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021