Bogor (ANTARA News) - Kegiatan bulanan berupa "Leadership and Enterpreneurship Forum" yang diselenggarakan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB) diharapkan dapat mengasah jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa perguruan tinggi tersebut.

"Kami selalu berupa menghadirkan tokoh-tokoh penting dari berbagai kalangan, agar mahasiswa banyak belajar dari kesuksesan mereka, baik dalam kepemimpinan maupun dalam berbisnis," kata Dekan FEMA IPB, Dr. Arif Satria, di sela-sela kegiatan tersebut di Kampus IPB Darmaga Bogor, Sabtu.

"Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan motivasi dan inspirasi kepada mahasiswa sehingga mereka bisa memiliki kemampuan lebih di luar aktivitas kampus," katanya.

Beberapa tokoh yang telah dihadirkan dalam "Leadership and Enterpreneurship Forum" yang pelaksanaannya dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEMA IPB ini adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri, dan juga wakil ketua KPK Chandra Hamzah.

Dengan menghadirkan pembicara dari berbagai kalangan dan berlangsung rutin ini, kata Arif Satria, diharapkan makin banyak pengetahuan yang di dapat mahasiswa dari pengalaman para tokoh tersebut.

Pembicara forum ini yang diminta tampil pada Sabtu (2/4) di Gedung Auditorium Abdul Muis Nasution, Kampus IPB Darmaga adalah Direktur Utama Lembaga Kantor Berita Nasioanl ANTARA, Ahmad Mukhlis Yusuf.

Di hadapan sekitar seratus mahasiswa IPB, Dirut ANTARA membawakan materi dengan tema "Peran media dalam menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan mahasiswa".

Dalam seminar yang berlangsung interaktif tersebut, selain memaparkan tentang fungsi media, Mukhlis Yusuf juga memotivasi para mahasiswa untuk menemukan karakter mereka mencapai kesuksesannya.

Menurut Dirut ANTARA, kesuksesan dicapai dengan kerja keras dan ketekunan. Sukses itu bukan apa yang sudah kamu capai, tapi seberapa kali kamu bangkit dari kegagalan," katanya.

Ia mengatakan, pengusaha besar dan ilmuwan terkenal seperti Thomas Alfa Edison, harus berkali-kali gagal untuk bisa menemukan semua kesuksesan.

Selain kerja keras, lanjutnya, ketekunan dan silaturahmi juga menjadi salah satu kunci menuju kesuksesan.

Ia mencontohkan tokoh-tokoh besar dunia seperti Ahmadinejad, Mahatma Ghandi, Bunda Theresia, dikenang karena jasanya kepada orang-orang di sekitarnya.

"Dan mereka yang sukses ini bukanlah orang yang berasal dari keluarga kaya, hanya orang-orang kecil yang memiliki impian besar," katanya.

Selanjutnya, Mukhlis mengatakan, setiap manusia memiliki kemampuan untuk bisa sukses karena manusia adalah makhluk terpilih yang sejak awal pembentukannya telah menjadi yang terbaik.

"Hanya kita yang menentukan kita ingin menjadi apa. Pilihan dan keputusan kita menentukan langkah kita," kata Dirut ANTARA tersebut.
(T.KR-LR/T004)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011