BIN Sultra lakukan vaksinasi lansia-pelajar di 16 kabupaten/kota

BIN Sultra lakukan vaksinasi lansia-pelajar di 16 kabupaten/kota

Seorang warga saat mengikuti vaksinasi yang digelar BIN Sultra, Selasa (16/11/2021) (ANTARA/HO-BIN Sultra)

Kendari (ANTARA) - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Tenggara mendatangi penduduk lanjut usia (lansia) dan pelajar di 16 kabupaten/kota setempat untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

Kepala BIN Sultra Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana melalui keterangan tertulisnya di Kendari, Selasa, mengatakan bahwa langkah nyata yang diambil BIN Sultra yakni dengan terjun langsung ke lapangan untuk menyelenggarakan vaksinasi bagi masyarakat.

"Hari ini kami lakukan di 16 kabupaten/kota di Sultra dengan lokasi 26 titik berbeda. Selain kami lakukan di tempat-tempat tertentu, kami juga langsung mendatangi rumah warga dengan target lansia yang tidak sempat datang untuk vaksin," katanya.

Baca juga: BIN Daerah Jatim dan Pemkab Pamekasan gelar vaksin massal

Dia menyampaikan, sesuai imbauan Presiden Joko Widodo agar seluruh warga Indonesia mengikuti program vaksinasi maka pihaknya melakukan upaya percepatan cakupan vaksinasi bagi warga dan pelajar.

Menurut dia, penting dilakukan percepatan vaksinasi sehingga seluruh warga khususnya di Sultra dapat meningkatkan imun tubuh yang tentu dapat membentuk ketahanan kelompok (herd immunity) di masa pandemi yang hingga saat ini belum berakhir.

Tidak hanya melakukan di beberapa tempat saja, tetapi pihaknya juga menjemput bola dengan mendatangi rumah warga sehingga bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19 dengan target sasaran 6.350 orang.

Baca juga: BKKBN dan BIN gelar program penurunan "stunting" di Kepulauan Riau
Seorang pelajar saat mengikuti vaksinasi yang digelar BIN Sultra, Selasa (16/11/2021) (ANTARA/HO-BIN Sultra)


BIN Sultra juga bekerja sama dengan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari sebagai salah satu universitas terbesar di Sulawesi Tenggara untuk menyelenggarakan vaksinasi.

"Khusus UHO kami target sebanyak 300 orang dengan sasaran mahasiswa dan pegawai rektorat, nampaknya bisa mencapai 400 orang, antusiasmenya tinggi" ujarnya.

Toto berharap seluruh masyarakat ikut berperan aktif dalam program vaksinasi yang digelar pemerintah agar dapat membentuk ketahanan kelompok. Selain itu, ia juga mengimbau  warga tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas di luar rumah.

"Kita saat ini masih menghadapi masa pandemi, sehingga dengan vaksinasi kita bisa mendapatkan kekebalan tubuh, jangan takut untuk divaksin karena sudah diuji aman dan halal," pesannya.

Sebelumnya, BIN Sultra juga telah melaksanakan vaksinasi pada 4 hingga 6 November 2021 dengan capaian 6.100 orang pada 10 kabupaten/kota di Sultra lalu BIN Sultra kembali menggelar vaksinasi di 4 kabupaten/kota di Sultra pada tanggal 11 hingga 13 November 2021 dan berhasil mendapatkan 3.500 orang.
Pewarta : Muhammad Harianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021