Hong Kong (ANTARA) - Saham-saham di bursa Hong Kong ditutup lebih tinggi pada perdagangan Selasa, karena investor menyambut tanda-tanda positif dalam pembicaraan antara Presiden AS Joe Biden dan pemimpin China Xi Jinping.

Indikator utama Bursa Efek Hong Kong, Indeks Hang Seng (HSI), melonjak 1,27 persen atau 322,87 poin menjadi berakhir di 25.713,78 poin, sedangkan Indeks China Enterprises terangkat 1,54 persen atau 140,21 poin menjadi 9.225,81 poin.

Presiden AS Joe Biden dan pemimpin China Xi Jinping menekankan tanggung jawab mereka kepada dunia untuk menghindari konflik ketika kepala dua ekonomi global teratas itu mengadakan pembicaraan secara virtual selama tiga jam.

Investor mengharapkan KTT akan membantu menstabilkan hubungan China-AS dengan membuka negosiasi atas wilayah-wilayah yang berkonflik.

Saham-saham terkait perjudian yang tercatat di Hong Kong melonjak 5,4 persen karena Makau memperluas kelayakan suntikan booster COVID-19, dengan Sands China Ltd bertambah 6,0 persen menjadi persentase keuntungan terbesar kedua di Indeks Hang Seng.

Indeks Teknologi Hang Seng, sub-indeks kebutuhan pokok konsumen dan sub-indeks perawatan kesehatan naik antara 1,7 persen hingga 2,6 persen.

Pengembang properti China daratan yang tercatat di Hong Kong bertambah 2,1 persen. Namun, saham Kaisa Prosperity, unit layanan properti dari pengembang Kaisa Group, anjlok 10,6 persen setelah perdagangan dilanjutkan sehari setelah perusahaan mengatakan masalah likuiditas induknya tidak akan memengaruhi operasinya.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021