Jakarta (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggelar vaksinasi COVID-19 secara massal untuk mendukung percepatan kekebalan komunal (herd immunity) di Kabupaten Pekalongan.

Kepala Binda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, mengatakan vaksinasi massal itu diperuntukkan bagi pelajar, santri dan masyarakat dari rumah ke rumah.

Terdapat 8.000 vaksinasi yang disediakan oleh Binda Jateng yang didistribusikan ke Kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara.

Selain itu, vaksinasi pelajar dan santri menjadi fokus Binda Jateng dalam rangka mendukung pemerintah untuk pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Para siswa yang telah mendapat vaksin sudah bisa melaksanakan PTM dengan catatan level daerahnya tidak masuk ke dalam level empat.

“Para siswa walaupun sudah divaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Sedangkan konsep vaksinasi dari rumah ke rumah adalah terobosan dari Kepala BIN Jenderal (Purn) Budi Gunawan untuk memudahkan masyarakat mengakses vaksin,” jelas Sondi.

Dia menjelaskan, selain memudahkan masyarakat dalam mengakses vaksin, konsep vaksinasi itu telah terbukti mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti vaksinasi. Menurutnya masifnya pelaksanaan vaksinasi di sentra vaksinasi perkotaan menyebabkan peserta vaksin menurun.

“Sehingga pola jemput bola dinilai efektif untuk menyisir peserta vaksin, terutama bagi lansia dan masyarakat yang belum tervaksin,” jelas Sondi.

Dia juga mengingatkan, agar masyarakat membatasi aktivitas jelang natal dan tahun baru (nataru). Menurutnya pandemi COVID-19 belum berakhir dan berpotensi adanya gelombang ketiga, sehingga masyarakat harus tetap membatasi diri agar tidak terjadi ledakan kasus COVID-19.

Sejumlah wilayah dilaksanakan vaksinasi antara lain Desa Mandiraja Wetan, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara, Ponpes Al Hadromiyah, Desa Pekuncen dan Desa Karanganyar Pekalongan. Desa Mandiraja, Desa Kertayasa, Desa Kebanaran, Desan Balun, Desa Wanayasa di Kabupaten Banjarnegara.

Baca juga: BIN Sultra lakukan vaksinasi lansia-pelajar di 16 kabupaten/kota

Baca juga: BIN Daerah Jatim dan Pemkab Pamekasan gelar vaksin massal

Pewarta: Fauzi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021