Jakarta (ANTARA) - Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Waaster Kasad) Brigjen TNI Donni Hutabarat mengunjungi objek vital nasional di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis.

Objek vital nasional (obvitnas) yang dikunjunginya itu, yakni pabrik smelter nikel yang berada di Kawasan Industri Virtue Dragon Nickel Industrial Park (VDNIP), PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS).

Dalam kunjungannya, Brigjen Donni menyampaikan bahwa TNI AD memiliki tugas pokok di dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tengang TNI yaitu melaksanakan penanganan objek vital nasional.

"Sebagai Obvitnas, TNI AD turut berperan dalam melaksanakan pengamanan di VDNIP," kata Donni dalam siaran persnya.

Kedatangannya ke Obvitnas, kata dia, untuk melihat sampai sejauh mana tugas pokok yang dilaksanakan oleh personel TNI yang sedang bertugas dan melihat kondisi prajurit, baik hak maupun kewajibannya.

Baca juga: Aparat TNI/Polri amankan obyek vital di Merauke

Kawasan Industri Virtue Dragon Nickel Industrial Park (VDNIP) sendiri merupakan Objek Vital Nasional (Obvitnas) subbidang mineral dan batubara berdasarkan Kempem No.77K/90/MEM/2019 serta menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Peraturan Presiden No. 58 tahun 2017.

Setelah berkeliling ke beberapa area di VDNIP, Brigjen Donni mengaku puas dengan satuan tugas (Satgas) yang bertugas di lapangan karena menurutnya sudah melakukan tugasnya dengan baik.

"Kalau yang dipaparkan oleh Dansatgas tadi secara teknis sudah baik, cuma ada hal yang mungkin perlu mereka tingkatkan lagi yaitu pendekatan terhadap masyarakat di sekitar, karena masyarakat di sekitar inilah benteng hidup kita," tuturnya.

Jenderal bintang satu ini berharap keberadaan PT VDNI dan OSS yang berada di VDNIP yang membawa investasi besar dapat berdampak baik bagi negara, dan juga memberi kesejahteraan kepada masyarakat di sekitarnya.

Baca juga: TNI prioritas pengamanan obyek vital saat pemilu

Dia juga memberikan pesan kepada masyarakat yang berada di sekitar VDNIP untuk menjaga perusahaan itu dengan baik.

"Kepada masyarakat di sekitar, mari kita bersama-sama menjaga perusahaan ini karena ini merupakan aset bagi kita, yang akan memberikan investasi bagi kita, masukan kepada negara," kata Donni.

Kunjungan ini turut diikuti oleh Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 143/HO Kolonel Inf Ahmad Hadi Hariono, Kepala Staf Kodim 1417/Kendari Letkol Inf N Nasution, Pabandya 1/Bin Ops Sterad Letkol Inf Hari Sandhi, Danki Satgas Kapten Inf Sulhan, Danramil Sampara Kapten Inf Herman, Askam PT VDNI AKP Ilham, Dantim 1 Satgas PT OSS Letda Inf Ghani Akbar Novandhana, Dantim 2 Satgas PT VDNI Letda Inf Liton, dan juga External Affairs PT VDNIP Wanda Irawan.

Baca juga: Kawal obyek vital, Kopassus gelar latihan di Pulau Obi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021