Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meraih predikat tertinggi yaitu Platinum Rank dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2021 untuk keempat kalinya.

Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan peringkat Platinum ASRRAT 2021 merupakan keempat kalinya diraih Pupuk Kaltim atas kinerja perusahaan dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), dengan meningkatkan komitmen terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai konsep 3P (People, Profit dan Planet).

Atas penghargaan keempat kali berturut-turut, Pupuk Kaltim diganjar Four Consecutive Year Achievement Award atas dukungan perusahaan terhadap Sustainability Reporting dan ASRRAT sejak 2018 yang diselenggarakan The National Center for Sustainability Reporting (NCSR), bekerja sama dengan Institute of Certified Sustainability Practitioner (ICSP). Penghargaan diterima Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta, dari Executive Director NCSR Ali Darwin di Raffles Hotel Jakarta pada Rabu (17/11).

Prinsip yang diterapkan Pupuk Kaltim menjadi salah satu misi yang dijalankan perusahaan di mana direfleksikan melalui kebijakan dan program strategis dengan beragam pengembangan secara berkesinambungan.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pupuk Kaltim untuk terus menjalankan aktivitas bisnis yang bertanggungjawab sesuai konsep keberlanjutan, dengan menitikberatkan pada aspek lingkungan, sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarakat,” kata Hanggara.

Baca juga: Pupuk Kaltim raih tiga penghargaan TOP GRC Award 2021

Komitmen tersebut dituangkan Pupuk Kaltim melalui laporan berkelanjutan, untuk mengukur capaian implementasi program pada berbagai aspek sehingga kontribusi perusahaan dapat memberikan dampak yang lebih signifikan dengan evaluasi dan peningkatan secara menyeluruh.

Salah satu komitmen yang dijalankan Pupuk Kaltim melalui Program Pupuk Kaltim Proaktif, yaitu program yang diinisiasi untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan pandemi Covid-19 serta dampak yang ditimbulkan. Program ini menyasar seluruh aspek mulai kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial kemasyarakat hingga pemberdayaan.

Dalam dua tahun terakhir, Pupuk Kaltim Proaktif terus menggencarkan realisasi program dengan memberikan dukungan penanggulangan pandemi ke berbagai wilayah di Indonesia, seperti bantuan ratusan ton oksigen, dukungan bagi tenaga kesehatan, bantuan kemanusiaan, hingga pemberdayaan UMKM yang terdampak selama pandemi.

“Pupuk Kaltim juga melakukan aktivitas yang sejalan dengan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance), sebagai cerminan kinerja unggul PKT dalam menjaga keberlanjutan perusahaan dan lingkungan. Berbagai program yang dijalankan Pupuk Kaltim mencakup tiga pilar ekonomi, sosial dan lingkungan, yang diselaraskan dengan 17 indikator SDGs,” kata Hanggara.

Penghargaan ASRRAT 2021 merupakan ajang penilaian kualitas laporan keberlanjutan yang didasarkan pada standar Global Reporting Initiative (GRI). Penilaian dilakukan oleh para asesor berkompeten dan rekomendasi yang dihasilkan bisa menjadi acuan untuk mempertahankan transparansi kinerja dari tahun ke tahun.

“Ini menjadi kebanggaan bagi kita, karena perusahaan tetap mampu menghasilkan laporan berkelanjutan di tengah pandemi,” kata Executive Director NCSR Ali Darwin.

Baca juga: Tim inovasi Pupuk Kaltim raih penghargaan APQO 2021 di Australia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021