Jakarta (ANTARA) - Anggota kepolisian Patroli Jalan Raya (PJR) Tol Palikanci, Ciperna, Cirebon, membantu seorang ibu melahirkan di mobil patroli saat bertugas.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, Kanit VIII PJR Tol Palikanci-Pejagan Sat PJR Dit Lantas Polda Jabar AKP Aries Riyanto menjelaskan kronologis pertolongan tersebut.

Aries menjelaskan pada hari Rabu (17/11), seorang perempuan bernama Watriyah (20) hendak pulang ke kampung halamannya dari Jakarta ke Pekalongan untuk melakukan persalinan.

Baca juga: Jalan rusak, Mobil patroli polisi tolong ibu melahirkan di Cianjur

Saat itu, pukul 11.30 WIB, dirinya sedang melakukan patroli bersama tiga anggota lain dengan dua mobil PJR berada di bahu jalan tepatnya KM 214.

Tidak lama kemudian, berhenti Bus Dedy Jaya di depan kendaraan patroli, disusul dengan keluarnya kernet bus yang langsung meminta bantuan.

“Kernet bus mengatakan ada penumpang yang mau melahirkan sudah tidak kuat, serta kontraksi terus. Kami langsung bantu keluar dan memasukan ke mobil patroli, karena posisinya ibu tersebut sudah tidak mampu berjalan,” kata Aries.

Watriyah bersama suami dan seorang anakya serta petugas PJR bergegas putar arah ke Ciperna untuk mencari fasilitas kesehatan (Faskes) terdekat. Namun, watriyah pada akhirnya melahirkan anaknya di dalam mobil.

Baca juga: Anggota Polres Lombok Barat tolong ibu sedang hamil besar

“Saat sampai di Puskesmas Ciperna, bidan dan perawat keluar, dilihat keadaan ibunya ternyata bayi sudah keluar (posisi kepala dan badan). Akhirnya dilakukan persalinan dan diambil bayinya, setelah itu ibu dan bayi dibawa ke dalam puskesmas. Perkiraan saya ibu sudah melahirkan di KM 213," ungkapnya.

Aries menjelaskan, bayi tersebut lahir dengan sehat berjenis kelamin perempuan dengan berat 3 kg dan tinggi 49 cm. Bahkan pasca melahirkan sekitar pukul 11.50 WIB, Watriyah sudah bisa meneruskan perjalanan ke kampung halamannya pukul 16.00 WIB diantar oleh pihak puskesmas.

“Saya dapat informasi bahwa si ibu sudah bisa pulang sekitar pukul empat sore. Maka dari itu, dua anggota saya yang tadi memang mengamankan barang si ibu menemui ibunya di arah timur Kanci. Saya juga sempat menemui ibu dan bayinya saat mereka melanjutkan perjalanan, Alhamdulillah keduanya sehat,” jelas Aries.

Selain AKP Aries Riyanto terdapat tiga anggota lainnya yang membantu proses persalinan Watriyah yaitu AIPTU Carwa, AIPTU Suryadi Mertaprawira, dan Aipda Gugum Gumilar.

Baca juga: Petugas Ditlantas Polda Metro bantu ibu hendak melahirkan

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021