Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 85 butir amunisi ditemukan di tempat pembuangan sampah (TPS) BTN Skyline Kotaraja, Jayapura, Papua, telah diserahkan ke polisi.

Kapolsek Abepura AKP Lintong Simanjuntak Kamis di Jayapura menjelaskan penemuan puluhan amunisi itu awalnya dilaporkan Ilham Jafar ke Pos Patmor IV Tanah Hitam dengan menyerahkan 85 butir amunisi yang ditemukannya di tempat sampah BTN Skyline Residence Kotaraja, Rabu malam (17/11).

Ilham Jafar yang berprofesi sebagai pencari besi tua dan makanan hewan mengaku menemukan amunisi di dalam sebuah tas ransel yang sudah tidak layak pada Rabu malam (17/11).

"Ketika mengambil tas ransel tersebut, dirinya membuka dan menemukan barang berupa plastik kemudian dibukanya yang ternyata isinya puluhan butir amunisi, setelah itu tasnya dibuang di tempat sampah dan amunisinya dibawa ," ungkap Kapolsek.

Pada Kamis (18/11) melaporkan temuan tersebut ke Pos Patmor IV Tanah Hitam dan didampingi anggota ke Mapolsek Abepura untuk ditindaklanjuti.

Ke-85 butir berbagai jenis, di antaranya 50 butir peluru HS, 31 butir peluru FN, 1 butir peluru V2 Sabhara dan 3 butir peluru revolver, dan saat ini barang bukti tersebut diamankan di Mapolres Abepura.

"Kami mengapresiasi penyerahan amunisi yang ditemukan warga ke polisi karena itu akan berbahaya bila disalahgunakan," tambah AKP Lintong.

Baca juga: Puluhan Peluru Ditemukan di Tempat Sampah

Baca juga: Warga perbatasan RI-PNG menyerahkan amunisi ke Satgas TNI

Baca juga: Ketua DPRD Tolikara bantah kenal penjual senjata KKB

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021