Rumpin, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Jawa Barat Ade Yasin berharap Persemaian Modern Rumpin di kabupaten setempat dapat membantu pemenuhan kebutuhan ruang terbuka hijau (RTH) di wilayah tersebut.

"Pemkab Bogor sedang berupaya memenuhi kebutuhan RTH, semoga nanti bibit-bibit tanaman dari sini bisa ditanam di RTH baru," kata Ade Yasin usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau pusat persemaian milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di Rumpin, Bogor, Jumat.

Baca juga: Presiden akan paksa pihak swasta siapkan pusat persemaian bibit

Baca juga: Presiden ajak dubes negara sahabat tinjau Persemaian Modern Rumpin


Menurutnya, Kabupaten Bogor, khususnya kawasan puncak semestinya memiliki RTH sekitar 55 persen dari luas kawasan. Tapi, dengan terus berkembangnya kawasan wisata, menjadi kesulitan tersendiri bagi Pemkab Bogor untuk memenuhi kebutuhan RTH yang saat ini masih di bawah 50 persen.

"Yang HGU-nya (hak guna usaha) habis, tidak terawat, tidak dipelihara, telantar, harus cepat-cepat diambil alih negara, dan fungsinya dikembalikan kepada fungsi awalnya," kata Ade Yasin.

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya dalam keterangan tertulisnya menyebutkan bahwa pusat persemaian bibit di Rumpin berkapasitas 15 juta bibit per tahun dengan luas lahan 128 hektare.

Selain di Rumpin, KLHK membangun lima pusat persemaian di daerah lain sejak tahun 2020, yaitu di Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara.

“Nursery Centre Rumpin akan menjadi contoh untuk penyelesaian kelima nursery lainnya. Nursery Centre Rumpin merupakan model pekerjaan public-private partnership (KLHK-PUPR-APRIL). Pekerjaan utama persemaian telah selesai konstruksi. Produksi bibit 1 juta sebulan atau 12 juta setahun,” ujar Siti Nurbaya.

Baca juga: RTH kota bogor ditata dengan konsep arboretum

Baca juga: Bupati Bogor usul bangunan eks Rindu Alam dijadikan RTH


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para duta besar negara sahabat untuk meninjau Persemaian Modern Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Para duta besar yang hadir, antara lain Duta Besar Inggris Owen Jenkins, Duta Besar Amerika Serikat Sung Yong Kim, Duta Besar Kanada Cameron MacKay, Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket, dan Kepala Perwakilan Bank Dunia Satu Kahkonen.

Di Persemaian Modern Rumpin, Presiden dan para Dubes meninjau sejumlah fasilitas, seperti area rumah perkecambahan, area rumah produksi, hingga kolam air dan sedimen.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021