Menpan RB apresiasi inovasi pelayanan publik Jatim

Menpan RB apresiasi inovasi pelayanan publik Jatim

Menpan RB Tjahjo Kumolo didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan penghargan kepada Kepala BPSDM Jatim Aries Agung Paewai di sela Simposium dan Pameran Pelayanan Publik 2021 di Grand City Surabaya, Jawa Timur, Jumat (19/11/2021). ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim/aa.

Surabaya (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengapresiasi berbagai inovasi pelayanan publik yang dimiliki Pemerintah Provinsi Jawa Timur, termasuk sejumlah Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah itu.

“Kita saksikan Jawa Timur ada Kota Pahlawan, Kota Budaya, Kota Industri, Kota Ulama ini, ternyata mampu memberikan pelayanan yang terbaik, memberikan inovasi-inovasi cepat, bahkan menjawab tantangan-tantangan," ujarnya di Surabaya, Jumat.

Menpan RB menghadiri Pameran Pelayanan Publik dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik tahun 2021 sekaligus memberikan penghargaan kepada organisasi perangkat daerah maupun pemerintah daerah yang memiliki inovasi-inovasi terbaik dalam pelayanan publik.

Baca juga: Program "Susi Pasti" Lumajang masuk top 30 inovasi pelayanan publik

Menurut Tjahjo, pelayanan publik merupakan bagian dari proses mewujudkan pertumbuhan, keadilan, percepatan, menggerakkan dan mengorganisasi masyarakat, khususnya di Jawa Timur.

“Proses perjalanan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia sampai mewujudkan aparatur yang berinovasi, berakhlak, serta melayani bangsa,” ucap dia.

Sementara itu, Pemprov Jatim menggelar Pameran dan Simposium Pelayanan Publik Tahun 2021 yang dilaksanakan secara hybrid pada 18-20 November 2021 di Grand City Surabaya.

Baca juga: Peneliti CSIS: Pelayanan publik di daerah harus responsif-adaptif

Pameran Inovasi Pelayanan Publik ini merupakan sarana Pemprov Jatim sebagai upaya memberikan layanan langsung kepada masyarakat.

Di sisi lain, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berterima kasih kepada seluruh OPD dan sejumlah bupati/wali kota atas inovasi pelayanan publik.

Dari proses yang sudah dilakukan replikasi di berbagai daerah, lanjut Khofifah, diharapkan ada proses inovasi inovasi yang akan terus ditumbuhkembangkan.

Baca juga: Menpan RB resmikan mal pelayanan publik di Lotte Grosir Bekasi

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga berharap kehadiran Menpan RB Tjahjo Kumolo dan tim akan menjadi bagian dari penguatan inovasi yang sudah diinisiasi.

“Dari sini akan terus bisa dilakukan capaian-capaian yang lebih signifikan lagi, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga tingkat desa,” kata Gubernur Khofifah.

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021