bantuan masih akan kita berikan
Pontianak (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmijdi mengatakan akan memfokuskan penanganan pascabencana setelah banjir yang melanda sejumlah wilayah di Sintang, Sanggau, Melawi dan Kapuas Hulu mulai surut

"Saat ini ketinggian air sudah semakin berkurang, artinya banjir mulai berkurang untuk sejumlah wilayah Kalbar. Setelah ini kita akan fokus pada penanganan pascabencana," kata Sutarmidji di Sintang, Minggu.

Dia mengatakan apabila saat banjir Pemprov Kalbar fokus kepada upaya penyelamatan dan evakuasi masyarakat yang menjadi korban, dengan mengirimkan berbagai bentuk bantuan, maka saat ini bantuan yang ada diprioritaskan untuk penanganan pascabanjir.

"Setelah banjir ini kan masyarakat masih harus memperbaiki berbagai kerusakan dan melakukan bersih-bersih rumah. Tentu mereka masih belum bisa kerja, sehingga bantuan masih akan kita berikan," tuturnya.

Sutarmidji menambahkan, saat ini di Kalbar masih ada 15.000 lebih paket sembako yang siap disalurkan untuk masyarakat yang terkena dampak banjir.

Untuk penanganan banjir di Kalbar ke depan, dirinya berharap terbangun kordinasi yang baik antara Pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten. "Jadi jelas, siapa melakukan apa, sehingga terjadi pembagian tugas yang jelas dalam penanganan banjir ke depan," katanya.

Mantan Wali Kota Pontianak tersebut menyatakan sependapat dengan permintaan Presiden Jokowi agar perusahaan sawit dan pertambangan yang ada di Kalbar melakukan penghijauan di daerah konservasi.

"Selain itu, untuk pengerukan sungai Kapuas juga harus dilakukan, karena sudah tiga tahun tidak di lakukan pengerukan dan terjadi pendangkalan. Ini juga yang menjadi penyebab daya tampung sungai untuk air tidak bisa baik," kata Sutarmidji.

Ke depan, katanya, upaya mitigasi bencana diharapkan bisa dilakukan bersama, tidak hanya pemerintah, tetapi semua pihak terkait, termasuk perusahaan dan masyarakat.
Baca juga: Pemkot Pontianak dan PKK kirim bantuan bagi korban banjir
Baca juga: Produsen benih di Kalbar salurkan bantuan peduli banjir Rp36 juta
Baca juga: Sekda Pontianak lepas keberangkatan armada ACT bantuan korban banjir

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021