Wagub Riza dukung Kadin DKI bangkitkan UMKM

Wagub Riza dukung Kadin DKI bangkitkan UMKM

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria ketika membuka Rapat Pimpinan Provinsi II-2021 Kadin DKI di Jakarta, Senin (22/11/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendukung Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta membangkitkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah melalui pembinaan dan pengembangan pelaku usaha.

"Kami berharap Kadin DKI Jakarta terus berkomitmen untuk selalu berpihak pada pembinaan dan pengembangan UMKM," kata Ahmad Riza Patria ketika membuka Rapat Pimpinan Provinsi II-2021 Kadin DKI di Jakarta, Senin.

Baca juga: Kadin minta pemerintah kota perluas akses internet bagi pelaku UMKM

Pasalnya, menurut Riza, sektor UMKM menyerap lapangan kerja terbesar dan juga jadi sektor usaha yang sangat dominan.

Selain itu, Riza menyebutkan UMKM memiliki peran strategis dalam menopang pertumbuhan ekonomi daerah setelah terdampak pandemi COVID-19.

"Kami yakin Kadin sebagai wadah pengusaha mempunyai kemampuan untuk mencari solusi bisnis di tengah pandemi COVID-19 baik melalui teknologi inovasi dan juga investasi," ujar Riza.

Tak hanya dalam memulihkan ekonomi, Riza juga berharap Kadin DKI mengoptimalkan partisipasi pada penanggulangan masalah kesehatan terkait pandemi COVID-19.

Selama ini, Riza mengungkapkan Kadin DKI turut berpartisipasi dalam mendukung vaksinasi untuk mempercepat kekebalan kelompok.

Baca juga: Bank DKI dukung UMKM di Jakarta kembangkan sistem digitalisasi

"Tidak hanya di kalangan swasta tapi juga masyarakat umum demi mewujudkan target vaksinasi nasional dan DKI Jakarta sudah lebih dari 11,1 juta jiwa yang sudah mendapat vaksin di DKI," ucap Riza.

Riza optimistis penyesuaian PPKM level satu di Jakarta mendorong geliat ekonomi di Jakarta termasuk dari UMKM.

Pemprov DKI Jakarta memiliki berbagai program untuk mendukung pelaku UMKM melalui Jakprenuer.

Hingga Senin ini, jumlah peserta yang tergabung dalam Jakprenuer di DKI mencapai 285.809 orang pelaku usaha.

Baca juga: Ada 5.000 kuota sertifikasi halal dan HAKI gratis untuk UMKM Jakarta
Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021