Ada sekitar 25 kios milik pedagang yang habis terbakar, informasi sementara api berasal dari tiga titik yang terbakar serentak, ini mencurigakan,
Bukittinggi, (ANTARA) - Kebakaran kembali terjadi di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, Rabu untuk ketiga kali dalam tahun 2021 ini, sebanyak 25 kios pedagang habis terbakar.

Puluhan lapak dan kios pedagang yang menjual barang harian, aksesoris dan kebutuhan dapur itu diketahui terbakar pada Rabu (24/11) sekitar pukul 00:45 WIB dini hari.

"Ada sekitar 25 kios milik pedagang yang habis terbakar, informasi sementara api berasal dari tiga titik yang terbakar serentak, ini mencurigakan," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar di Bukittinggi, Rabu.

Wali Kota menyayangkan kembali terjadinya musibah kebakaran dalam waktu berdekatan di Pasar Bawah Bukittinggi.

"Kita sampaikan duka mendalam kepada seluruh korban yaitu pedagang yang berjuang hidup sehari-harinya, segera dilakukan relokasi yang dimulai dengan pendataan seluruh pedagang," kata Erman Satar.

Sekretaris Damkar Bukittinggi, Susilo mengatakan kebakaran yang terjadi persis berada di sisi jembatan gantung Pasar Bawah Kota Bukittinggi.

"Kerugian awal diperkirakan sebesar Rp625 Juta, ada 12 unit armada yang melakukan proses pemadaman," kata Susilo.

Unit pemadam yang melakukan pemadaman terdiri dari tiga unit Damkar Agam, satu unit Damkar Padang Panjang, satu unit Damkar Payakumbuh dan tujuh dari Bukittinggi.

"Total personel 54 orang terdiri dari 22 orang dari Bukittinggi, 16 dari Agam, 10 dari Padang Panjang dan 6 dari Payakumbuh," kata dia.

Saat ini tim Inafis melakukan olah TKP yang telah disegel oleh pihak kepolisian, dari keterangan sementara dilaporkan satu orang diamankan oleh Polisi terkait kebakaran ini.

Sebelumnya, kebakaran Pasar Bawah telah terjadi dua kali dalam tahun ini, kebakaran los maco pada Sabtu (11/9) dan berikutnya di Surau Gonjong Aur Tajungkang pada Selasa (16/11). 

Baca juga: Pasar Bawah Bukittinggi terbakar

Baca juga: Kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi hanguskan 300 kios

Baca juga: Pemkot bersihkan area kebakaran Pasar Bawah libatkan 300 ASN

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021