Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China ditutup naik ke level tertinggi dalam empat minggu pada perdagangan Rabu, karena saham sektor makanan dan minuman serta tambang batu bara menguat, sementara sentimen yang membaik di sektor real estat mendukung saham pengembang.

Indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai terkerek 0,10 persen atau 3,61 poin menjadi menetap di 3.592,70 poin, sedangkan indeks saham-saham unggulan CSI300 menguat 0,07 persen atau 3,31 poin menjadi berakhir di 4.916,66 poin.

Saham sektor makanan dan minuman terangkat 1,8 persen, sementara pembuat minuman keras melonjak 2,7 persen.

Guotai Junan Securities mengatakan biaya bahan baku telah turun baru-baru ini, dan kenaikan harga untuk beberapa produk makanan dan minuman akan membantu meningkatkan nilai sektor ini.

Sub-indeks batu bara bertambah 2,3 persen, mengikuti lompatan batu bara kokas berjangka karena ekspektasi permintaan pembuatan baja yang lebih tinggi di pabrik.

Pengembang real estat memperpanjang keuntungan dari sesi sebelumnya dan ditutup naik 1,0 persen, di tengah membaiknya sentimen setelah beberapa bank diberitahu oleh regulator keuangan untuk mengeluarkan lebih banyak pinjaman kepada perusahaan properti buat pengembangan proyek.

Saham-saham energi baru merosot 2,1 persen, dengan industri fotovoltaik berakhir jatuh 2,6 persen.

Sub-indeks energi baru telah meningkat 60 persen tahun ini di tengah target netral karbon China, dan analis telah menandai risiko penyesuaian harga pada saham yang dinilai terlalu tinggi.

Saham sektor pertanian merosot 2,1 persen, dengan perusahaan peternakan babi memimpin penurunan.

Baca juga: Saham China dibuka lebih tinggi, lanjutkan keuntungan sesi sebelumnya
Baca juga: Bursa saham global berjuang dekati rekor tertinggi, Eropa dalam fokus
Baca juga: Saham China ditutup lebih tinggi, indeks Shanghai terkerek 0,20 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021