sudah seharusnya pelayanan kesehatan dilakukan secara optimal kepada setiap lapisan masyarakat
Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meninjau Rumah Sakit Doris Sylvanus (RSDS) Palangka Raya, untuk memastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat termasuk warga kurang mampu berjalan dengan baik.

"Saya ingin memastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk warga kurang mampu agar dilayani dengan baik," kata Sugianto di Palangka Raya, Rabu.

Hal tersebut sebagai upaya pemenuhan hak dasar manusia terhadap layanan kesehatan yang baik. Ia tak ingin ada rumah sakit atau fasilitas kesehatan menolak warga kurang mampu untuk berobat.

Menurutnya, sudah seharusnya pelayanan kesehatan dilakukan secara optimal kepada setiap lapisan masyarakat, tak terkecuali masyarakat kurang mampu agar mendapat hak pelayanan kesehatan yang sama dengan warga mampu lainnya tanpa perbedaan.

"Kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, baik dalam peningkatan kualitas SDM kesehatan, kuantitas, hingga ketersediaan sarana prasarana yang memadai," ungkapnya.

Saat ke RSDS tersebut, gubernur mengunjungi kerabat dan masyakarat yang membutuhkan perawatan, baik di ruang perawatan biasa maupun ruang jantung intensive/ICVCU.

Gubernur memberikan dukungan moril bagi pasien dan keluarga, diantaranya pasien yang dibesuk adalah Rusdiana yakni istri almarhum Sabran Ahmad yang saat ini dirawat di Ruang ICVCU.

“Tetap terus menjalankan perawatan, ikuti anjuran dokter dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT, agar segera sembuh dari sakit yang diderita dan dapat beraktivitas kembali," ujar Sugianto menyemangati.

Turut mendampingi gubernur, yakni Penjabat Sekda Kalteng Nuryakin dan Direktur RSDS Yayu Indiriaty. Dalam kunjungan tersebut Nuryakin menyampaikan, gubernur sangat fokus dalam pembangunan di sektor kesehatan.

"Utamanya pelayanan kepada warga tidak mampu, itu tidak bisa ditawar dan itu perintah, harus dilayani dan biaya akan ditanggung pemerintah," jelasnya.

Selain itu, keseriusan pemprov dalam pemenuhan pelayanan kesehatan masyarakat juga bisa dilihat saat terjadi banjir di Palangka Raya baru-baru ini, yakni gubernur dengan segera memerintahkan tim kesehatan turun ke lapangan untuk membantu warga terdampak dan memberi pelayanan.
Baca juga: Tangani Corona, Polda Kalteng dirikan Lab PCR di RS Bhayangkara
Baca juga: Laboratorium BSL II RS Doris Sylvanus Palangka Raya beroperasi Mei
Baca juga: Menkes: Fasilitas medis RS dorong percepatan kesembuhan pasien

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021