Lawan teman sendiri memang paling tidak enak, yang paling harus dijaga adalah soal perasaan kompetisinya jangan sampai kendur
Nusa Dua (ANTARA) - Pebulu tangkis tunggal putra nasional, Jonatan Christie akan bermain maksimal dan menjaga nuansa kompetisi menjelang pertemuannya dengan rekan sepelatnas Chico Aura Dwi Wardoyo pada babak kedua Indonesia Open di Nusa Dua, Bali, hari Kamis.

Pemenang medali emas Asian Games 2018 itu mengaku tak nyaman jika harus menghadapi rekan senegara karena terkadang muncul pemikiran subyektif yang mempengaruhi kualitas permainannya.

"Lawan teman sendiri memang paling tidak enak, yang paling harus dijaga adalah soal perasaan kompetisinya jangan sampai kendur," kata Jonatan saat ditemui setelah pertandingan, Rabu.

Baca juga: Jonatan Christie juga melaju ke babak kedua Indonesia Open 2021

Menurut Jonatan, kunci agar permainan bisa keluar secara maksimal saat melawan rekan senegara adalah menghilangkan perasaan tidak enak atau sungkan.

Ketahanan mental menjadi salah satu penentu kemenangan, karena jika hanya mengandalkan aspek teknik maka gaya permainan akan mudah ditebak lawan yang sudah memahami setiap kelemahan dan kelebihan masing-masing.

"Kalau dari permainan ya sudah saling tahu kelebihan dan kelemahan masing-masing, tinggal penerapan strateginya saja, yang paling bagus ya bisa menang," tuturnya memaparkan.

Pada laga babak pertama turnamen level Super 1000 ini, Jonatan lolos dari babak pertama sete;ah mengalahkan wakil Malaysia, Liew Daren dengan skor 21-14, 21-15 yang dicatatkan dalam waktu 35 menit.

Baca juga: Shesar maju ke babak kedua Indonesia Open 2021

Jonatan belajar banyak dari kekalahan di turnamen Indonesia Masters 2021 yang baru berlangsung pekan lalu agar tak mengulangi kesalahan dan bisa bermain lebih solid.

Meski masih ada kekurangan pada pertandingan hari ini, namun ia bersyukur semua bisa memimpin inisiatif pertandingan dan berjalan seperti strategi yang ia inginkan.

"Bersyukur karena strategi yang dirancang bisa berjalan dengan baik. Memang ada beberapa pukulan masih kurang tepat, kurang pas. Ini yang harus saya pelajari untuk besok. Tapi hari ini mainnya cukup puas dan tinggal persiapan buat besok," pungkasnya.

Baca juga: Gregoria lega bisa lalui babak pertama Indonesia Open

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021