Labuan Bajo (ANTARA) - Kabupaten Manggarai Barat telah menembus angka 75 persen capaian vaksinasi dosis satu COVID-19 di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Data terakhir kita per 24 November 2021 menunjukkan capaian 75,5 persen untuk dosis satu," kata Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Barat Yulianus Weng di Labuan Bajo, Kamis.

Dia menyebut capaian tersebut telah menyasar 153.164 jiwa dari target sasaran vaksinasi sebanyak 202.827 jiwa. Sedangkan capaian vaksinasi dosis dua sebesar 34,7 persen atau menyasar 70.416 jiwa dari target 153.164 jiwa sasaran vaksinasi.

Wabup Weng mengatakan pemerintah berkomitmen untuk menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata yang aman dan nyaman. Salah satunya yakni menjamin situasi kesehatan di dalam wilayah Labuan Bajo agar wisatawan merasa nyaman berkeliling dan berwisata di Labuan Bajo khususnya dan Manggarai Barat umumnya.

Baca juga: Pemkab Manggarai Barat apresiasi 50.000 vaksin Pasar Modal Indonesia

Baca juga: Pasar Modal Indonesia siapkan 50.000 dosis vaksin di Manggarai Barat


Oleh karena itu, pemerintah gencar melakukan upaya percepatan vaksinasi COVID-19 agar target 100 persen vaksinasi Manggarai Barat bisa tercapai di akhir tahun 2021 mendatang.

Selain memastikan warga Manggarai Barat telah divaksinasi, pemerintah juga memastikan para pelaku pariwisata baik perhotelan dan restoran telah mendapatkan layanan vaksinasi. Sehingga, para wisatawan tidak perlu takut ketika mendapatkan pelayanan dari para pelaku pariwisata di Labuan Bajo.

Wabup Weng berkata, pemerintah terus bekerja untuk memastikan ketersediaan stok vaksin dengan membuka peluang kerja sama dan kolaborasi dari berbagai pihak, baik kementerian, pihak swasta, dan TNI-Polri.

Pemerintah daerah juga terus menyosialisasikan pentingnya menerima layanan vaksinasi COVID-19 dan memberikan sanksi administrasi apabila warga secara sengaja tidak mau menerima suntikan vaksin.

Tak lupa pula pemerintah aktif melakukan pelayanan vaksinasi di sekolah, gereja, dan puskesmas untuk mendekatkan diri dengan sasaran penerima vaksinasi.

"Kami ingin semakin banyak masyarakat yang mau divaksinasi sehingga kekebalan kelompok di kota super prioritas ini bisa terwujud," kata Wabup Weng.*

Baca juga: Diapresiasi, kolaborasi Kemenparekraf hadirkan vaksin di Labuan Bajo

Baca juga: Ketua DPD RI minta Manggarai Barat gencar edukasi vaksinasi COVID-19




#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021