Ini bentuk komitmen dan upaya TNI AL untuk mendorong dan menyukseskan program pemerintah Indonesia dalam percepatan penanggulangan pandemi COVID-19 di lapisan masyarakat yang masih kurang untuk divaksin
Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - TNI Angkatan Laut (AL) melakukan serbuan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat maritim di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ini bentuk komitmen dan upaya TNI AL untuk mendorong dan menyukseskan program pemerintah Indonesia dalam percepatan penanggulangan pandemi COVID-19 di lapisan masyarakat yang masih kurang untuk divaksin, khususnya di wilayah Kabupaten Ende," kata Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama IG Kompiang Aribawa dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Kamis.

Pelaksanaan vaksinasi berlangsung hari Rabu dan Kamis menggunakan KRI Teluk Banten-516 yang dikomandani Letkol Laut (P) Joko Purwanto sebagai sarana angkut mendukung kegiatan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan oleh TNI AL Lantamal VII Kupang. Layanan vaksinasi dilakukan di Geladak KRI Teluk Banten-516 yang bersandar di dermaga Pelabuhan Bung Karno, Ende.

Kepala Dinas Kesehatan Lantamal VII Kupang Letkol Laut (K) M Haris Bennu menjelaskan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan oleh TNI AL Lantamal VII merupakan bagian dari program vaksinasi maritim TNI AL yang menyasar Kabupaten Ende guna membantu masyarakat mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19 karena capaian vaksinasi yang masih rendah.

Jenis vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat ialah vaksin Sinovac. Pada hari pertama, 604 warga telah tervaksin yang terbagi menjadi 498 penerima dosis satu dan 106 penerima dosis dua.

Pada pelaksanaan vaksinasi, TNI Lantamal VII Kupang melibatkan tenaga kesahatan dari Diskes Lantamal VII Kupang, RSAL Samuel J Moeda Kupang, Balai Kesehatan (BK) Lanal Maumere dan Puskesmas Onekore Kota Ende. Selain itu dikerahkan juga para Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lantamal VII serta Prajurit dari KRI Teluk Banten-516 untuk menjaga ketertiban dalam pelaksanaan vaksinasi.

Sementara itu Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga menambahkan KRI Teluk Banten-516 telah melayani lima daerah di NTT untuk percepatan layanan vaksinasi COVID-19 yakni Kupang, Rote, Sabu, Sumba, dan Alor.

Ia menyebut total vaksin yang disiapkan TNI AL untuk masyarakat Ende sebanyak 2.500 dosis. Para warga yang datang diarahkan secara berkelompok sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Pihaknya berharap upaya yang telah dilakukan oleh TNI AL tersebut dapat membantu pemerintah untuk mempercepat capaian vaksinasi sehingga kekebalan kelompok bisa segera terwujud.

Masyarakat diajak untuk tetap menaati protokol kesehatan meski telah menerima vaksin COVID-19, demikian Dwi Yoga.

Baca juga: Kasal tinjau serbuan vaksinasi maritim di Labuan Bajo

Baca juga: Kasal : TNI AL sudah vaksin 1 juta orang di Indonesia

Baca juga: Kasal tinjau vaksinasi bagi masyarakat maritim di Kupang

Baca juga: KRI Teluk Ende-517 Sandar di Pelabuhan Marine

 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021